AMPIBI Akan Kawal Sidang Lanjutan Hak Interpelasi DPRD Parimo

oleh -
Juru Bicara AMPIBI, Fadli Arifin Aziz. FOTO : MIFTAHUL AFDAL

PARIMO, SULTENGNEWS.COM – Aliansi Masyarakat Peduli Tuntut Pemberhentian Bupati (AMPIBI) akan mengawal sidang lanjutan terkait hak interpelasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo).

“Tujuan utama kita sebenarnya meminta DPRD Parimo untuk mendorong adanya panitia angket. Interpelasi ini sebenarnya mekanisme yang harus dijalankan DPRD ketika mau memberhentikan Bupati Parimo,” ujar Juru Bicara AMPIBI, Fadli Arifin Aziz kepada sultengnews.com, Kamis (06/08/2020).

Ketua Forum Mahasiswa dan Masyarakat Memantau Kabupaten Parimo (FM3KP) itu mengungkapkan, karena itu merupakan hak yang dimiliki DPRD seperti hak interpelasi, hak angket dan hak menyatakan pendapat. Hal itu yang harus diambil DPRD, sehingga pihaknya mengikuti prosedur yang berlaku.

Dia menjelaskan, dalam menginvestigasi kasus Bupati Parimo, harus melalui terbentuknya panitia angket. Olehnya, AMPIBI akan mendorong bagaimanapun caranya DPRD Parimo segera membentuk panitia angket.

“Artinya, dari hasil investigasi bisa membuktikan apakah dugaan pelanggaran Bupati Samsurizal Tombolotutu benar adanya atau tidak, sehinga harus dimakzulkan.

Dia menuturkan, AMPIBI juga akan melakukan pengawalan dengan membangun komunikasi kepada anggota-anggota DPRD Parimo secara persuasif dan memberikan bukti-bukti yang disampaikan sesuai dengan tuntutan.

Dia juga menambahkan, setelah 17 Agustus, sekitar tanggal 18 atau 19 Agustus DPRD Parimo akan melakukan gelar sidang lanjutan terkait hak interpelasi, pihaknya akan menunggu dalam setiap niat hak interpelasi yang dibuat DPRD Parimo dan akan hadir mendengar bersama menghadirkan masyarakat yang tergabung dalam AMPIBI.

“Ampibi juga akan membantu menyajikan data. Sebab kita sudah menyampaikan data kepada pimpinan DPRD Parimo dan bagian Sekretariatan DPRD Parimo, sehingga data itu menjadi bahan kajian anggota DPRD untuk bisa mengeluarkan keputusannya, terlebih lagi berkaitan dengan tuntutan dari kami,” pungkasnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *