Aliansi Solidaritas Buruh Morowali Dukung Mogok Kerja di PT IMIP

oleh -
Aliansi solidaritas untuk buruh Morowali di depan kantor DPRD Sulteng. Foto : MIFTAHUL AFDAL

MOROWALI, SULTENGNEWS.COM – Sejumlah organisasi pergerakan yang tergabung dalam aliansi solidaritas untuk buruh Morowali, menyatakan mendukung rencana mogok kerja buruh PT IMIP saat melakukan demonstrasi di depan kantor DPRD Sulteng, Senin (24/08/2020) lalu.

Salah satu masa aksi, Abde mengatakan, secara tegas pihaknya mendukung mogok kerja yang dilakukan aliansi buruh yang ada di PT IMIP sejak 22 Agustus Samapi 29 Agustus 2020.

“Kami juga mengecam Pemberhentian Hubungan Kerja (PHK) yang dilakukan PT.IMIP kepada ketua-ketua serikat buruh yang kami anggap PHK tersebut sebagai upaya pemberangusan hak untuk berserikat,”ujarnya.

Dikatakan, atas diskriminasi dan PHK sepihak merupakan tindakan yang tidak demokratis dilakukan perusahaan yang berbasis pertambangan tersebut.

Sementara itu,Komisi IV DPRD Sulteng yang membidangi terkait ketenagakerjaan, Ibrahim A Hafid mengungkapkan, selayaknya memang harus ada dukungan terhadap kesejahteraan buruh serta memberi perlindungan kepada buruh yang ada di PT IMIP, karena ini bagian dari perintah undang-undang.

Ibrahim Hafid menyampaikan, DPRD Sulteng juga membutuhkan dokumentasi data dari buruh PT IMIP.

Dia juga menyatakan, memang di Sulawesi Tengah belum ada Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur tentang tenaga kerja. Namun baru-baru ini dari Komisi IV sudah mendorong terkait perda ketenagakerjaan, akan tetapi ini belum selesai, dengan melihat berbagai kasus yang dialami buruh, tentu perda ini menjadi suatu kebutuhan di daerah.

“Buruh juga meminta harus ada pengakuan terhadap serikat buruh yang ada di perusahaan, saya kira itu sudah jelas perintah undang-undang yang perlu dihargai dan dihormati, bahwa setiap warga negara berhak untuk berserikat dan berkumpul,”tandasnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *