Ahmad M Ali Tegaskan Gelar Reses Demi Menjaring Aspirasi Masyarakat

oleh -
Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad M. Ali. FOTO : IST

PARIMO, SULTENGNEWS.COM – Anggota Komisi III DPR RI Fraksi NasDem Ahmad M Ali mengatakan bahwa reses yang digelarnya merupakan tugas utama sebagai wakil rakyat. Dirinya membantah dengan tegas reses tersebut merupakan kegiatan untuk mengkampanyekan salah satu pasangan calon dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Ditambah lagi, saat ini Anggota DPR RI tengah memasuki masa reses mulai dari mulai tanggal 6 Oktober 2020. Hingga tanggal 8 November 2020 yang termasuk ke dalam Masa Persidangan I Tahun Sidang 2020-2021.

“Tegas saya katakan bahwa kegiatan ini merupakan reses dari Anggota DPR RI dapil Sulawesi Tengah. Bukan sedang berkampanye. Jadi, sudah sewajarnya saya mendengarkan semua aspirasi masyarakat,” jelas Ahmad M Ali saat reses di Desa Tinombo, Parigi Moutong.

Hal tersebut dia lontarkan setelah menanggapi surat teguran dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Parigi Moutong. Menurutnya surat dari Bawaslu itu keliru lantaran surat diberikan sebelum acara dilaksanakan.

Bahkan dia berpandangan, tidak ada bukti jelas yang menandakan adanya pelanggaran yang dimaksudkan. Oleh sebab itu dia pun mengajar agar salah satu perwakilan dari Bawaslu dapat mengikuti gelaran resesnya hingga usai.

“Harusnya Bawaslu datang duduk di sini dengarkan penyampaian materi reses. Atau tidak begini tolong kalau dicurigai kegiatan ini ada unsur kampanyenya bapak bisa merekam kegiatan ini terus kemudian tegur kami kalau ada yang salah,” sambungnya.

Lebih lanjut Ketua Fraksi NasDem DPR RI ini mengimbau agar Bawaslu bisa lebih hati – hati dalam memberikan peringatan ataupun teguran dalam menjaga independensi pemilihan. Sehingga, dia melanjutkan, kedepannya tidak ada peristiwa serupa yang kembali terjadi.

“Tolong dari Bawaslu kalau dicurigai ada unsur kampanye yang melanggar bapak seharusnya mendengar kami di sini bukan hanya menyurati. Saya dapat surat dari bapak dan saya menghargai betul tugas tugas yang bapak lakukan,” harapnya.

Di sisi lain Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem juga menjelaskan sesuai dengan arahan dari Bawaslu Republik Indonesia. Bahwasanya seorang Anggota DPR RI juga berkewajiban mengedukasi masyarakat agar menggunakan hak pilihnya serta melakukan kampanye damai.

“Jadi salah satu tugas kami adalah memberitahu kepada masyarakat untuk bisa berkampanye damai, menggunakan hak – hak pilihnya. Tolong diikuti supaya tidak ada penyalahgunaan wewenang,” pungkas Ahmad M Ali. RED

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *