Ahmad M Ali Siap Kawal Penyaluran Bantuan Pertanian Hingga Tingkat Bawah

oleh -
Anggota DPR RI Dari Partai Nasdem, Ahmad M. Ali saat bersilaturahmi dengan masyarakat di Kabupaten Parigi Moutong. FOTO : IST

PARIMO, SULTENGNEWS.COM – Anggota Komisi III DPR RI Fraksi NasDem Ahmad M Ali menyampaikan komitmennya untuk mengawal penyaluran bantuan bagi para petani yang ada di Kotaraya, Parigi Moutong (Parimo). Komitmen tersebut dia berikan lantaran banyak petani yang mengeluhkan belum mendapat bantuan yang diberikan Kementrian Pertanian.

Bukan hanya itu, dirinya juga mendapati fakta bahwa para petani sedang mengalami kelangkaan pupuk pertanian. Padahal bantuan dari Kementrian Pertanian sudah disalurkan sejak bulan Januari lalu.

“Maka saya berjanji untuk mengawal ini dalam waktu sesingkat singkatnya. Sehingga pupuk ini bisa langsung terdistribusikan sehingga para petani bisa mendapatkan, memberli, dan menggunakan kepentingan pertanian,” kata Ahmad M Ali seusau bertemu kelompok tani di Desa Kotaraya, Mepanga, Parimo.

Dia pun membenarkan terkait adanya hambatan penyaluran bantuan dari Kementrian Pertanian. Berupa bantuan peralatan, benih, hewan ternak hingga dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi untuk kelompok tani.

Lebih lanjut dia menjelaskan, keterlambatan pemberian bantuan alat pertania sebenarnya bukan dari Kementrian Pertanian. Akan tetapi penghambat terjadi ada ditataran pemerintah daerah dalam hal ini Bupati.

“Ketika kami reses pada Januari kemarin yang kira nilainya kalau dirupiahkan mencapai 500 M. Ternyata bantuan yang telah disalurkan oleh kementrian pertanian belum sampai di tangan petani,” imbuhnya.

Dia mengungkapkan persoalan yang mendera penyaluran bantuan tersebut berawal dari pergantian Dinas Pertanian Parimo. Membuat, komunikasi yang selama ini dia bangun menjadi terputus hingga akhirnya muncul timbul persoalan yang demikian.

Di sisi lain, dia menyampaikan bahwa problem selanjutnya yakni dikarenakan Surat Keputusan (SK) baru dekat ini dikeluarkan pemerintah daerah. Hingga akhirnya banyak petani yang mengalami kesulitan dalam melakukan proses pertanian.

“Sebagai Ketua Fraksi Nasdem saya akan berusaha berkomunikasi dengan para pemangku kepentingan di Jakarta untuk bisa menyelesaikan persoalan ini. Maka saya akan terus melakukan pengawasan pendistribusian agar bisa sampai kepada yang berhak menerima,” tutupnya. RED

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *