9 Fraksi DPRD Palu Setuju Raperda APBD Tahun 2020 Dibahas Ketingkat Selanjutnya

oleh -
Rapat paripurna bersama asisten pemerintahan dan kestra Kota Palu bertempat di ruang sidang DPRD kota Palu. FOTO : ALSIH MARSELINA

PALU, SULTENGNEWS.COM – Sebanyak 9 Fraksi di DPRD Kota Palu akhirnya menyetujuan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) APBD Tahun Anggaran 2020 melalui sidang paripurna, Kamis (24/9/2020).

Dari Pemerintah Kota (Pemkot) Palu yang hadir mewakili Walikota Palu yakni Muhammad Rifani S.sos M.Si selaku Asisten Pemerintahan dan Kestra Kota Palu.

Walikota Palu yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra menyampaikan jawaban dari Walikota atas Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020.

Berdasarkan pemandangan umum 9 fraksi di DPRD Kota Palu, semuanya menerima dan menyetujui rancangan peraturan daerah untuk dibahas ketingkat selanjutnya.

“Adapun catatan-catatan yang telah diberikan jawaban oleh Walikota seperti saran masukkan, perbaikan dari tiap fraksi akan menjadi catatan penting bagi Pemerintah Kota Palu,” jelas Rifani.

Selanjutnya, untuk membahas rancangan peraturan daerah, maka dibentuk panitia khusus sesuai dengan ketentuan pasal 100 ayat 2 peraturan DPRD Kota Palu Nomor 1 tahun 2018 tentang tata tertib dewan perwakilan rakyat daerah disebutkan bahwa anggota panitia khusus sebagaimana yang dimaksud terdiri atas anggota komisi terkait yang diusulkan oleh masing-masing fraksi.

“Oleh sebab itu, dalam pembentukan panitia khusus tersebut diambil dari masing-masing anggota fraksi yang merupakan anggota fraksi, anggota komisi yang terkait disumbang oleh fraksi. Komposisi personalia anggota khusus panitia sebanyak 11 orang,” ujar Erman Lakuana selaku Wakil Ketua I DPRD Kota Palu yang memimpin sidang.

Fraksi Gerindra diwakili 2 anggota, Fraksi Golkar diwakili 2 anggota, Fraksi Keadilan Sejahtera diwakili 1 anggota, Fraksi Hanura diwakili 1 anggota, Fraksi Nasdem diwakili 1 anggota, Fraksi Demokrasi Perjuangan diwakili 1 anggota, Fraksi Kebangkitan Bangsa diwakili 1 anggota, Fraksi Demokrat diwakili 1 anggota, Fraksi Amanat Indonesia diwakili 1 anggota dan unsur kesektariatan dewan.

Dari hasil musyarawah, maka pembentukan panitia khusus akan di ketuai oleh Ridwan H Basatu dan wakil ketua pansus Joppi Alvi Kekung.

Wakil ketua I DPRD Kota Palu menghimbau untuk para panitia khusus untuk melaksanakan tugasnya selama 1 hari penuh pada hari jumat (25/9/2020). Panitia khusus diharapkan nantinya dapat melaporkan hasil kerjanya kepada paripurna dewan pada hari Senin ( 28/9/2020). SIL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *