7 Nama Santer Disebut Bakal Maju Gubernur Sulteng 2024; Siapa Saja Mereka, Nomor 7 Mengejutkan..!

oleh -
FOTO ILUSTRASI

Seperti halnya Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden, Pemilihan Umum Kepala Daerah serentak juga akan digelar tahun tahun 2024 mendatang. Hanya bedanya, Pemilu Pilpres akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024 sesuai hasil perolehan kursi pada Pemilu 2019, sementara Pemilu Kepala Daerah serentak akan digelar 27 November 2024 sesuai hasil perolehan kursi pada Pemilu 14 Februari tahun 2024.

Oleh : Mahful Haruna

Seperti diketahui, Penetapan Pemilu serentak yaitu Pilpres dan Pemilihan Legislatif (Pileg) yakni DPR, DPD, dan DPRD pada tahun 2024, ditetapkan berdasarkan Undang – Undang (UU) Nomor 10 tahun 2016 dan UU Nomor 7 Tahun 2017.

Didalam kedua UU tersebut, diamanatkan bahwa tahun 2024 akan dilaksanakan Pemilu serentak dalam satu tahun yaitu Pemilu Presiden, Pemilu Lagislatif dan Pemilu Kepala Daerah.

Berdasarkan kedua UU tersebut, maka Pemerintah bersama DPR lalu menetapkan Pemilu serentak Presiden dan Pemilu Legislatif yakni DPR, DPD dan DPRD akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024 dan Pemilu Kepala Daerah akan dilaksanakan pada 27 November 2024.

Jika menghitung waktu dari April 2022 ini, maka pelaksanaan Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif DPR, DPD dan DPRD tinggal 22 bulan lagi. Sementara pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah tinggal 31 bulan lagi.

Walaupun tahapan Pemilu baru akan dimulai pada Juni 2022 mendatang, namun riak – riak siapa calon Presiden tahun 2024 sudah mulai ramai diperbincangkan. Bahkan sejumlah nama telah bermunculan untuk maju sebagai Calon Presiden.

Namun, karena Pemilu Presiden merupakan agenda nasional, maka penulis mencoba menarik ke ranah yang lebih kecil yakni Pemilu Kepala Daerah di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Sejumlah nama, mulai santer disebut – sebut akan maju pada gelaran Pemilu Kepala Daerah di Sulteng pada 27 November 2024 mendatang. Siapa saja mereka berikut nama – namanya;

1. Rusdy Mastura

Gubernur Sulteng, H. Rusdy Mastura yang saat ini tengah menjabat, disebut – sebut juga akan kembali maju sebagai Calon Gubernur pada Pemilu Kepala Daerah pada 27 November 2024.

Rusdy Mastura disebut akan maju kembali, karena visi – misinya yakni Sulteng Maju dan Sulteng Sejahtera diyakini tidak akan terwujud sepenuhnya dalam periode kepemimpinannya hingga tahun 2024 mendatang, karena waktunya terlalu singkat. Bahkan ada yang sampai menyebut bahwa H. Rusdy Mastura akan berpasangan dengan tokoh dari timur lagi yakni mantan Bupati Morowali Dua Periode, Drs. H. Anwar Hafid.

Anggota DPR RI dari Partai Demokrat ini, disebut – sebut bakal mendampingi Rusdy Mastura diperiode keduanya. Namun perlu diketahui bahwa politik tidak ada yang pasti, karena semua bisa berubah. Anwar Hafid juga Calon Gubernur Potensial, namun disebut bisa mengalah untuk mendampingi Rusdy Mastura. Menarik dinantikan apakah benar Anwar Hafid akan mendapingi Rusdy Mastura atau akan maju sendiri sebagai Calon Gubernur juga.

2. Dr. Drs. Kasman Lassa, SH

Nama Bupati Donggala, Kasman Lassa juga disebut – sebut bakal maju sebagai Calon Gubernur Sulteng pada Pemilu Kepala Daerah pada 27 November 2024 mendatang. Bahkan dalam beberapa kesempatan, Kasman Lassa tak sungkan lagi menyampaikan bahwa dirinya akan maju sebagai Calon Gubernur Sulteng pada Pemilu Kepala Daerah tahun 2024 mendatang.

Kasman Lassa, dikenal sebagai salah satu bupati nyentrik di Sulteng. Sepak terjangnya dan segala kontroversinya selama memimpin Kabupaten Donggala, membuat namanya dikenal luas tidak adanya di Donggala yang merupakan daerah yang dipimpinnya, tapi juga beberapa daerah lain di Sulteng. Belum ada informasi siapa calon pendampingnya sebagai Calon Wakil Gubernur, namun tekadnya untuk maju sebagai Calon Gubernur Sulteng sepertinya sangat serius. Apakah Kasman Lassa benar akan maju, menarik untuk dinantikan.

3. Dr. (Hc). Moh. Saleh Bantilan

Mantan Bupati Tolitoli dua periode, Moh. Saleh Bantilan sudah jauh – jauh hari sudah disebut – sebut akan maju sebagai Calon Gubernur Sulteng. Bahkan isu itu sudah menyeruak saat dirinya masih menjabat Bupati Tolitoli periode keduanya yakni 2015 – 2020 lalu. Moh. Saleh Bantilan, juga termasuk salah satu bupati nyentrik di Sulteng.

Dia sering kali melakukan hal – hal nyentrik saat maju menjadi bupati seperti ngamen dengan pakaian ala pengemis untuk korban bencana di Sulteng, berpenampilan biasa – biasa saat kunjungan kepada masyarakat, serta beberapa sikap nyentrik lainnya. Apakah benar Moh. Saleh Bantilan akan maju Calon Gubernur Sulteng, menarik untuk dinantikan.

4. Drs. Irwan Lapata, M.Si

Nama Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapata juga santer disebut – sebut bakal maju sebagai Calon Gubernur Sulteng pada Pemilu Kepada Daerah tahun 2024 mendatang.

Keberhasilannya dalam menangani permasalahan bencana di Kabupaten Sigi, menjadi modal dasar baginya untuk maju sebagai Calon Gubernur Sulteng.

Sebagai Ketua Umum Kosgoro Sulteng, Moh. Irwan Lapata mudah saja mempublikasikan dirinya hingga ke kabupatan – kaputan lainnya di Sulteng. Ini bisa dilihat banyaknya baliho Moh. Irwan sebagai Ketua Umum Kosgoro Sulteng yang terpajang dihampir semua Masjid di Kota Palu selama Ramadan 1443 H tahun 2022 ini.

Moh. Irwan sepertinya serius maju sebagai Calon Gubernur Sulteng, karena tahun 2024 itu merupakan periode keduanya sebagai Bupati Sigi yang tentu saja menjadi periode terakhirnya sebagai bupati. Karena itu, untuk melanjutkan pengabdiannya kepada masyarakat, maka maju sebagai Calon Gubernur adalah pilihannya. Menarik untuk dinantikan.

5. Hidayat Lamakarate, M.Si

Nama Hidayat Lamakarate juga masih santer disebut – sebut akan kembali maju sebagai Calon Gubernur Suteng pada Pemilu Kepala Daerah tahun 2024 mendatang. Bermodalkan perolehan suara 604.033 pada Pemilu Kepala Daerah tahun 2020 lalu, tentu nama Hidayat Lamakarate masih layak diperhitungkan.

Jika perolehan suara itu dapat dipertahankan, tentu itu menjadi modal besar bagi Hidayat Lamakarate untuk bisa memenangkan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulteng tahun 2024 mendatang. Apakah Hidayat Lamakarate akan tetap maju lagi sebagai Calon Gubernur Sulteng, menarik untuk ditunggu.

6. Mohammad Lahay (Mat Lahay)

Nama Bupati Tojo Una – Una (Touna), Mohammad Lahay atau Mat Lahay juga disebut – sebut akan maju sebagai Calon Gubernur Sulteng pada Pemilu Kepala Daerah tahun 2024 mendatang.

Walau dirinya disebut telah diberhentikan sebagai Kader Partai NasDem yang merupakan Partai Pengusung saat dirinya maju sebagai Calon Bupati Touna pada Pilkada 2020 lalu, namun tak membuat Mat Lahay gentar maju sebagai Calon Gubernur Sulteng.

Sebagai bupati dua periode di Kabupaten Touna, tentu Mat Lahay telah memiliki cukup modal untuk bertarung di Pilgub Sulteng. Apalagi, jika dia mampu mengkonsolidasikan kekuatan dari timur Sulteng seperti Banggai bersudara (Banggai, Banggai Kepulauan dan Banggai Laut), ditambah Morowali, Morowali Utara dan Poso, tentu kekuatan Mat Lahay tidak bisa dianggap remeh. Apakah Mat Lahay benar akan maju di Pilgub Sulteng juga menarik untuk ditunggu.

7. Ahmad Ali (Mat Ali)

Sejumlah gebrakan yang dilakukan Ahmad Ali atau Mat Ali dalam beberapa bulan belakangan di Sulteng, membuat spekulasi sejumlah pihak bahwa Ahmad Ali akan maju sebagai Calon Gubernur Sulteng pada Pemilu Kepala Daerah tahun 2024 mendatang.

Dimulai dari bersedianya dia menjadi Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Sulteng, menjadi titik awal spekulasi bahwa Ahmad Ali akan maju Calon Gubernur Sulteng. Spekulasi itu wajar saja, betapa tidak, dengan kesibukannya sebagai Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Nasdem yang diberi tugas mengurusi Partai Nasdem se Indonesia, Ahmad Ali masih bersedia berbagi waktu ke Sulteng mengursi DMI Sulteng.

Ahmad Ali juga kembali bersedia memikul amanah sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni (IKA) Universitas Tadulako (Untad) pada musyawarah yang baru saja dilaksanakan, serta kesediannya kembali memikul amanah Plt Ketua DPW Nasdem Sulteng membuat spekulasi akan majunya Ahmad Ali sebagai Calon Gubernur Sulteng semakin menguat.

Ahmad Ali memang sudah beberapa kali disebut – sebut akan maju sebagai Calon Gubernur Sulteng, namun dia sendiri selalu mengumungkan ke public bahwa diriya tidak akan maju sebagai Calon Gubernur Sulteng dan memilih berkonsentrasi sebagai Anggota DPR RI.

Apakah kali ini Ahmad Ali akan kembali memilih untuk tidak maju Calon Gubernur Sulteng ditengah santernya namanya disebut – sebut akan maju Calon Gubernur Sulteng, sungguh menarik untuk dinantikan kedepan.

Demikianlah 7 nama yang saat ini santer disebut – sebut akan maju sebagai Calon Gubernur Sulteng. Apakah 7 nama ini benar – benar akan maju sebagai Calon Gubernur Sulteng, menarik untuk kita nantikan bersama – sama. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.