Pendaftar PPS Untuk Pilkada Tolitoli Minim Peminat

oleh -

Suasana pendaftaran PPS di kantor KPU Tolitoli. Hingga kini, KPU masih berharap pendaftar PPS bisa memenuhi kuota yang dibutuhkan. FOTO : IST

TOLITOLI, SULTENGNEWS.COM – Pendaftar Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk tingkat desa di KPU Kabupaten Tolitoli masih minim peminat.




Hal ini terlihat dari kuota yang dibutuhkan sebanyak 654 orang, tapi yang mendaftar untuk menjadi penyelenggara Pilkada di tingkat desa baru sekira 624 peserta.

“Pendaftar PPS sampai sekarang sejak dibuka tanggal 18 – 24 Pebruari belum penuhi kuota,” ujar komisioner KPU Tolitoli, Muhadir, Selasa (25/02/2020).

Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Parmas dan SDM di KPU itu menjelaskan, dari 109 desa tambah kelurahan di Kabupaten Tolitoli, pendaftar PPS yang belum memenuhi kuota yaitu masing -masing dua desa di Kecamatan Dampal Selatan dan Lampasio, masing – masing satu desa di Kecamatan Dampal Utara dan Galang, tiga desa di Kecamatan Basidondo, masing – masing empat desa di Kecamatan Ogodeide dan Tolitoli Utara.

“Semuanya ada 17 desa yang kuotanya belum terpenuhi,” tutur Muhadir.




Menurut Muhadir, kuota PPS dibutuhkan disetiap desa berjumlah enam orang. Dari enam orang yang mendaftar untuk diseleksi, tiga orang diantara akan dilantik sementara sebagiannya dipersiapkan untuk pengganti jika sewaktu – waktu ada yang mengundurkan diri.

“Kuota PPS yang bertugas di desa dua kali jumlah yang dibutuhkan, sementara masa kerja 23 Maret hingga 30 November tahun ini,” kata Muhadir. LAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *