28 Juli 2021, PPKM Level 4 di Palu Mulai Berlaku; Begini Aturannya..!

oleh -
Walikota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE saat memimpin rapat bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Palu di ruang kerja Walikota Palu, Sabtu (24/7/2021). FOTO : MOH. NURFIANSYAH/SN

PALU,SULTENGNEWS.COM – Walikota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE memutuskan untuk kembali melakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kota Palu, karena tren perkembangan Covid-19 di Kota Palu terus meningkat.

“Sepekan terakhir, perkembangan Covid-19 di Kota Palu bermain di angka 30,54,59 dan 43. Kalau di total semuanya angka perkembangan Covid-19 di daerah kita ini, 45 orang perhari. Belum termasuk hasil tracking,” ungkap Walikota Hadianto Rasyid saat memimin rapat bersama Lurah dan Camat di ruang Bantaya, Sabtu (24/07/2021).

Dengan adanya tren perkembangan Covid-19 itu, maka diputuskan bahwa di Kota Palu akan kembali melakukan PPKM Level 4 yang akan dimulai dari tanggal 28 Juli sampai 8 Agustus 2021 mendatang.

Sebelum rapat bersama lurah dan camat, Walikota juga melakukan rapat bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di ruang kerja Walikota Palu pada Sabtu (24/07/2021) sekira pukul 09.00 Wita.

Rapat bersama Forkopimda itu, menghasilkan beberapa poin rekomendasi yang menjadi dasar pembelakukan PPKM Level 4 di Kota Palu yakni, untuk pekerja sektor non esensial diberlakukan 50 persen, sisahnya kerja dari rumah. Selanjutnya, kegiatan belajar mengajar melalui daring/online.

Untuk sektor pekerjaan konstruksi, tetap kerja 100 persen. Kegiatan pada pusat perbelanjaan dan pusat perdagangan yang lain, mengikuti waktu yang telah berjalan sebelumnya. Khusus untuk MALL, buka hanya sampai jam 17:00 sore dengan kapasitas pengunjung 30 persen.

Untuk pasar-pasar, kapasitas hanya 50 persen dengan prokes yang ketat. Untuk warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan kapasitas pengunjung 50 persen. Kemudian untuk restoran, caffe buka sampai jam 18:00 saja. Khusu untuk makan, untuk take away sampai pukul 21:00.

Tempat ibadah, buka dengan kapsitas 50 persen dengan prokes ketat. Untuk fasilitas umum yang seharusnya tutup, namun tetap dibuka dengan ketentuan prokes yang ketat juga penjagaan Satgas Covid-19. Untuk resepsi pernikahan ditiadakan selama PPKM level 4.

Semua aturan tersebut, mulai diberlakukan tanggal 28 Juli sampai 8 Agustus 2021 mendatang.

Sementara terkait dana bantuan Covid-19, Walikota mengungkapkan bahwa dana tersebut telah turun di kelurahan masing-masing.

“Untuk dana bantuan Covid-19 perkelurahan, telah turun. Saya harap dana tersebut dipergunakan dengan sebaik-baiknya oleh para lurah,” tegasnya.

Perlu diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) Palu tidak sepenuhnya mengikuti aturan PPKM level 4 dari Pemerintah Pusat.

Berikut daftar aturan PPKM level 4 dari Pemerintah Pusat.

1.Pekerja sektor esensial 100 persen kerja dari rumah.

2.Belajar mengajar daring/online.

3.Kegiatan pusat perbelanjaan/perdagangan ditutup selama PPKM level IV.

4.Pelaksanaan kegiatan ditempat umum ditutup.

5.Tempat ibadah tutup.

6.Kegiatan olahraga tutup.

7.Kegiatan seni budaya tutup.

Demikianlah beberapa aturan dari PPKM Level 4 baik yang berlaku di Kota Palu maupun secara nasional. MAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.