20 Warga Buol Positif Terjangkit Virus Setelah Pulang Dari Gowa

oleh -
Penutupan perbatasan Buol dengan Provinsi Gorontalo akibat pandemi virus corona atau Covid - 19. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Kabar kurang baik datang dari Kabupaten Buol, karena 20 warganya terkonfirmasi positif terjangkit virus setelah kembali dari Pertemua Jamaah di Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Hal itu dikemukakan salah seorang gugus tugas Covid – 19 Kabupaten Buol, dr Mariyati Ismail saat dihubungi sultengnews.com via telepon pada Kamis malam (16/4/2020).

“Hasil rapid test, 20 orang terkonfirmasi positif terjangkit virus. Namun kita belum bisa memastikan apakah itu virus corona atau virus jenis lain, karena itu hanyalah skrining atau penyaringan, bukan hasil akhir,” ujar dr. Mariyati Ismail.

Dikatakan, hasil rapid test itu seperti memberikan petunjuk kepada seseorang apakah pernah terpapar virus corona, sedang terjangkit atau sudah sembuh. Yang jelas kata dr. Maryati setelah hasil swab nya keluar dan dinyatakan positif, barulah seserorang dinyatakan terjangkit virus corona.

“Swab mereka baru akan dikirim besok ke laboratorium Kemenkes di Makassar. Semoga saja besok bisa terkirim, sehingga tidak terlalu lama hasilnya sudah bisa keluar,” terangnya.

Saat ini kata dr. Mariyati, 20 Warga Buol yang berasal dari Kecamatan Gadung dan Kecamatan Palele Barat itu, sudah dikumpulkan di Rusunawa milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buol untuk dipantau kesehatannya, sambil menunggu hasil swab nya yang baru akan dikirim besok.

Selama berada di Rusunawa, 20 warga itu akan dijamin gizinya, sehingga imun tubuhnya kuat dari serangan virus yang ada dalam tubuh mereka.

“Jika hasil swab nya sudah keluar dan ada yang positif corona, maka yang positif itu akan dipindahkan ke rumah sakit untuk menjalasi isolasi, karena tidak boleh lagi mereka gabung,” jelasnya.

Mariyati menyampaikan bahwa riwayat perjalanan 20 warga Buol itu, berasal dari Gowa mengikuti pertemuan jamaah beberapa waktu lalu.

Pemkab Buol berinisiatif mencari mereka melalui pengumuman dari setiap RT, setelah satu orang di buol dinyatakan positif corona.

“Mereka dicari melalui RT dan dikumpulkan di Rusunawa setelah hasil rapid test mereka positif terjangkit virus,” tutupnya. FUL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *