167 Peserta Seleksi Paskibraka Bakal Ikuti Seleksi Lanjutan TIU dan PIP Minggu Ini

oleh -
oleh
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palu Ansyar Sutiadi. FOTO : Mohammad Rizal/SultengNews.com

PALU, SULTENGNEWS.COM – Sebanyak 167 Seleksi Paskibrakan Kota Palu yang telah dinyatakan lolos masuk ke tahap seleksi lanjutan yakni Tes Intelengi Umum (TIU) dan Pengetahuan Idiologi Pancasila (PIP), bakal mengikuti tahap seleksi TIU dan PIP yang dijadwalkan akan digelar pada minggu ini.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palu Ansyar Sutiadi, dalam keterangan resminya kepada awak media ini mengatakan, sebagai Panitia Pelaksana tim seleksi yang terdiri dari unsur TNI/Polri, Duta Pancasila, Duta Paskibraka, serta Kesbangpol Kota Palu, bakal menggelar kembali pelaksanaan TIU dan PIP pada tanggal 8 April dan 10 April 2023 mendatang.

“Tahap seleksi TIU dan PIP ini rencana bakal digelar dengan menggunakan ruang fasilitas yang dimiliki oleh Kantor BKPSDMD Kota Palu. Terdiri dua sesi, hari Sabtu tanggal 8 April dan hari Senin tanggal 10 April, minggu ini,” urainya kepada SultengNews.com.

“Setelah mengikuti tes TIU dan PIP, bagi peserta yang lolos akan mengikuti kembali tahap selanjutnya yakni tes Kesemaptaan, tes Peraturan Baris-Berbaris, tes Kepribadian hingga tahap terakhir yakni tes wawancara. Kita upayakan untuk tes wawancara bisa dilaksanakan dan berakhir pada bulan Mei 2023 ini. Hal ini mengingat, bulan Juni sudah masuk pra pelatihan, serta pemusatan latihan selama 14 hari setelah itu,” katanya menambahkan.

Mengingat pentingnya tahapan seleksi TIU dan PIP tersebut, Ansyar Sutiadi mengingatkan kepada seluruh peserta untuk mempergunakan sisa waktu yang ada ini untuk memperbanyak belajar dalam rangka menuai hasil yang maksimal nantinya.

“Disini murni hasil perolehan nilai dari peserta, jawaban andalah yang menentukan nanti. Tidak ada unsur kongkalikong, karena semuanya berstandar dan terukur dengan menggunakan metode aplikasi by system,” sebutnya.

Kemudian, dijelaskannya, calon paskibraka yang lulus, tentunya digunakan selain paskibraka di kota Palu, juga bisa digunakan dan difungsikan di tingkat provinsi Sulawesi Tengah.

Bahkan, katanya, besar kemungkinan pula bisa merambah ke tingkat nasional dan dipakai di nasional, jika calon paskibraka tersebut lolos dari seleksi di tingkat provinsi.

“Yang kita seleksi di tingkat kota nanti itu juga yang akan menjadi tim Paskibraka di tingkat provinsi. Bahkan bisa juga nanti jadi tim di tingkat Nasional, jika lulus seleksi dari tingkat Provinsi. Siapa yang lulus di Provinsi dia akan bertugas di Provinsi, di provinsi dia lulus di nasional, maka di akan bertugas di Nasional. Untuk formasi paskibraka yang kita butuhkan sesuai dengan kuota sebanyak 54 orang,” katanya.

Sekali lagi, tegas Ansyar Sutiadi, dalam penerimaan seleksi calon paskibraka tahun ini, murni tidak ada intervensi dari panitia pelaksana, semuanya yang menentukan ialah kemampuan peserta tersebut dari hasil yang dikeluarkan oleh Badan Pembinaan Idiologi Pancasila (BPIP) pusat.

“Sekarang sistemnya tidak manual lagi seperti lalu, sekarang sudah menggunakan by system. Jadi, tidak ada keraguan dari hasil seleksi yang kita peroleh nantinya,” tegasnya.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.