16 Tambahan Positif Corona di Palu, Diduga Banyak Pejabat

oleh -
Gubernur Sulteng, Drs. Longki Djanggola, M.Si saat meninjau alat laboratorium swab di kantor Bapelkes Sulteng beberapa waktu lalu. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Baru beberapa hari jalur penerbangan masuk dan keluar Kota Palu di buka, tiba – tiba hari ini, Minggu (7/6/2020) warga Sulteng khususnya Kota Palu dikejutkan dengan bertambahnya lagi warga Sulteng positif corona dengan jumlah 20 kasus.

Dari data itu, 16 diantaranya masuk data Kota Palu. Sementara sisanya 4 lagi, masing – masing 2 kasus dari Morowali, 1 kasus dari Parigi Moutong dan 1 kasus lagi dari Donggala.

Berdasarkan informasi yang dihimpun hingga malam ini, diduga ketambahan 20 kasus itu sebagian besar adalah para pejabat baik di Sulteng, Kota Palu maupun dari Pusat yang datang ke Kota Palu.

Hasil swab menunjukan, rata – rata yang positif itu adalah mereka yang sebelumnya datang ke Kota Palu serta beberapa daerah di Sulteng dan telah bermukim beberapa bulan selama pandemi corona.

Setelah mereka melakukan swab sebagai syarat untuk bisa melakukan penerbangan meninggalkan Kota Palu untuk kembali ke kota tempat mereka kerja, hasil swabnya menunjukan positif.

Juru bicara covid 19 Dinas Kesehatan Sulteng, dr Jumriani menyebutkan hasil swab sudah keluar sejak pagi dan telah disampaikan ke beberapa rumah sakit seperti RS Undata, RS Anutapura Palu, RS Madani dan sejumlah RS di beberapa Kabupaten di Sulteng seperti dilansir kailipost.com malam ini.

Dari hasil swab itu disebutkan beberapa poin. Pertama; adalah rombongan mantan pejabat TNI yang baru saja serah terima jabatan di Kota Manado di Kodam merdeka Sulawesi Utara. Hasil swab rombombongan itu keluar tadi pagi, sehingga mereka diduga terpapar di Manado.

Kedua; rombongan pejabat Bawaslu RI beserta keluarga, termasuk staf ahli yang bekerja di Bawaslu RI dan salah satunya sempat mudik dan tinggal di Desa Tada, Kabupaten Parigi Moutong.

Ketiga; Anggota DPRD Sulteng yang akan keluar Palu. Hasil swabnya juga positif dan hingga kini belum diketahui tinggalnya di daerah mana.

Dengan keluarnya semua swab itu, maka bisa dipastikan 20 tambahan positif corona yang dirilis pusdatina hari ini diduga kuat sebagian besar adalah pejabat.

Bahkan Anggota Bawaslu RI, Ratna Dewi Petalolo yang merupakan salah satu pejabat pusat yang berasal dari Palu sudah dipastikan adalah salah satu yang terpapar positif corona. Hal itu dibenarkan Anggota Bawaslu RI lainnya Mochammad Afiffudin.

Selain Ratna, tenaga ahli dan staf yang menyertai Ratna juga positif terpapar corona sebagaimana dilansir detik.com pada malam ini, Minggu (7/6/2020).

Pejabat lain yang juga diduga kuat positif corona adalah mantan komandan korem (Danrem) 132 Tadulako, Kolonel Infantri Agus Sasmita beserta keluarga dekatnya.

Hal itu berdasarkan keterangan Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu dr. Husaema kepada wartawan.

“Terkonfirmasi mantan Danrem 132 Tadulako adalah swab. Namun kami belum mengetahui keberadaan yang bersangkutan menjalani perawatan dimana. Apakah secara mandiri, RS Wirabuana atau RS rujukan, kami belum tau,” tuturnya seperti dilansir detik.com

Seperti diketahui, pada sabtu (6/6/2020) malam dilakukan acara pisah sambut Danrem dari pejabat lama Kolonel Infantri Agus Sasmita ke Danrem baru Kolonel Infantri Farid Makruf di Pogombo Kantor Gubernur Sulteng.

Dalam acara yang berlangsung hikmat itu, dihadiri juga Gubernur Sulteng Drs. Longki Djanggola, M.Si bersama istri, serta sejumlah pejabat di Pemerintah Provinsi Sulteng lainnya. FUL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *