15 Ribu Alat Rapid Test Akan Masuk di Tolitoli

oleh -
Sekretaris Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Tolitoli, Vidia Putra S.SP

TOLITOLI, SULTENGNEWS.COM – Sebanyak 15.000 alat Rapid Test Corona akan masuk di Kabupaten Tolitoli, peralatan medis tersebut didistribusi secara bertahap.

“Rapid Test yang sudah diadakan baru sebanyak 1.500 dan sudah diserahkan ke dinas kesehatan untuk dipergunakan,” kata sekretaris gugus tugas Covid 19 Kabupaten Tolitoli, Vidia Putra S.SP, Rabu (06/05/2020).

Menurutnya, pengajuan peralatan medis yang disebut Rapid Test tersebut awal mulanya hanya berjumlah 3.000 bua, namun karena dianggap belum memadai sehingga harus ditambah menjadi 15 ribu untuk diserahkan ke dinas terkait.

“Yang sudah diterima baru 50 dus dengan setiap dus berisi 25 biji,” rinci sekretaris gugus tugas Covid 19 yang akrab disapa Vidia itu.

Keunggulan Rapid Test ini diperbanyak, katanya agar setiap puskesmas dapat dimaksimalkan, paling tidak 20 persen dari jumlah penduduk yang tinggal di wilayah kecamatan dapat terlayani dengan peralatan medis tersebut.

“Kenapa alat ini diperbanyak agar supaya penduduk di kecamatan mudah mendapat akses pengujian Rapid Test,” jelas Vidia Saputra.

Rapid Test dapat dipergunakan untuk skrining pasien yang membutuhkan pemeriksaan lanjutan dengan tes swab, makanya mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk Swab juga sangat dibutuhkan di Kabupaten Tolitoli.

“PCR ini dibutuhkan supaya pemeriksaan lanjutan dari rapid Test cepat diketahui, tidak lagi menunggu lama dan tidak ada lagi orang dibuli di Media Sosial,” tutupnya. LAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *