1 Juni, Bandara Mutiara Sis Aljufri Kembali Melayani Penerbangan

oleh -

PALU, SULTENGNEWS.COM – Menuju new normal atau kenormalan baru, bandara Mutiara Sis Aljufri Palu rencananya akan dioperasionalkan kembali pada 1 Juni 2020 setelah beberapa pekan moda transportasi di Kota Palu, Sulawesi Tengah baik jalur laut maupun udara di hentikan sementara.

Rencana operasional bandara itu, sudah dibahas pihak bandara Mutiara Sis Aljufri sejak 27 Mei 2020 dalam rangka mempersiapkan rencana dibukanya kembali Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu. Namun tetap menunggu persetujuan Gubernur Sulteng.

Rapat tersebut diikuti oleh Dirpolairud Polda Sulteng, Polresta Palu, Kodim Palu, Dinkes Propinsi dan Kota Palu, KKP Bandara Sis Aljufri, Dishub Propinsi, Perwakilan maskapai Penerbangan (Garuda, Lion, Sriwijaya, Susi Air ), Air Nav.

Ada 7 point hasil rapat tersebut. Pertama tanggal 1 Juni 2020 bandara Mutiara Sis Aljufri dibuka kembali untuk penerbangan penumpang dari dan ke Bandar Mutiara Sis Aljufri.

Kedua, penumpang yang akan bepergian diwajibkan memenuhi protokol kesehatan dengan persyaratan antara lain, keterangan dari daerah asal, sudah melaksanakan tes Rapid dan Pcr (masuk wilayah DKI harus tes PCR), surat tugas bagi aparatur negara.

Ketiga, akan dibentuk 2 checkpoint pemeriksaan di bandara yg melibatkan semua unsur terkait, termasuk petugas pengamanan.

Keempat, Dinas KKP akan memfasilitasi pemeriksaan Rapid test dan PCR, menyemprot disinfektans dikabin pesawat, bila didapati penumpang Positif Covid-19.

Kelima, Labkes Propinsi dalam satu hari maksimal dapat memeriksa 56 sampel.

Keenam, maskapai penerbangan akan menghimbau kepada calon penumpang untuk lakukan tes PCR H-3 penerbangan dan H-1 untuk melaksanakan Rapid test.

Ketujuh, terkait biaya tes PCR dan Rapid Test mandiri dibebankan biaya kepada penumpang ybs (PCR 2,5 juta dan Rapidtest 500 rb-an). DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *