Wakil Bupati Resmi Buka MTQ Tingkat Kecamatan Ampibabo

9 min read
0
217

Wakil Bupati Parigi Moutong, Badrun Nggai saat membuka secara resmi pelaksanaan MTQ Tingkat Kecamatan Ampibabo. FOTO : ABDUL RIFAI/SN

PARIGI MOUTONG, SULTENGNEWS.com – Wakil Bupati Parigi Moutong (Parimo), H. Badrun Nggai resmi membuka Musabaqa Tilawatil Qur’an Tingkat Kecamatan Ampibabo yang dipusatkan di Desa Paranggi.



Wakil Bupati (Wabub) dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kegiatan MTQ tingkat Kecamatan Ampibabo. Atas Nama Pemerintah Kabupatan Parigi Moutong, dia menyambut baik pelaksanaan MTQ itu.

Inilah panggung MTQ di Kecamatan Ampibabo yang didesain unik sehingga menarik para pengunjung hadir di lokasi itu. FOTO : ABDUL RIFAI/SN

“Saya sangat bersyukur Pemerintah Kecamatan Ampibabo tetap konsisten melaksanakan MTQ. Ini menandakan bahwa pemerintah dan masyarakat Kecamatan Ampibabo, terlebih khusus lagi kepala desa dan perangkatnya termaksud masyarakatnya benar-benar ingin mencari Qori dan Qori’ah yang berkualitas, berpendidikan dan berprestasi, karena sampai hari ini kita tidak ada lagi mengeluarkan Qori dan Qori’ah baik di Juara Kabupaten sampai kejuaraan Provinsi, bahkan nasional dan Internasional, sehingga saya harapkan mungkin di daerah Ampibabo ini bisa menularkan Qori dan Qori’ah terbaik sampai ketingkat internasional Aamiin,” ujar Wakil Bupati saat menyampaikan sambutan.

Wakil Bupati juga menyampaikan keprihatinannya tentang kurangnya generasi penerus Qori dan Qori’ah yang bisa mengharumkan nama Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) dikanca Provinsi bahkan Nasional dan Internasianal. Wabub menyampaikan terakhir kali muncul Qori’ah yang luar biasa yaitu ibu Hj. Masria Abdul Gani yang berasal dari Desa Malanggo, Kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten Parigi Moutong. Namun saat ini tidak ada lagi yang menyusul.



“Saya kurang tau dimana sebenarnya letak kekurangannya, sehingga yang lain tidak menyusul. Ini harus ada kepedulian kita terhadap Qori dan Qori’ah ini, supaya kita kedepanya ada lagi yang kita tularkan Qori dan Qori’ah yang terbaik yang bertaraf Internasional. Kita bangga pada saat itu, pada saat MTQ tingkat kabupaten bersama-sama tampil dengan mantan Mentri Agama pada saat itu dan Hj. Masria Abdul Gani salah satunya yang juga ikut didalamnya,” kenangnya.

Menurut Wabub, MTQ merupakan wahana pemersatu umat, juga merupakan bagian dari pengenalan dan Syiar Islam yang harus disampaikan lewat lantunan Ayat-ayat Suci Al-Qur’an.

“Semakin kita dalami Al-Qur’an, semakin kita yakin akan kebenaran Firman Allah SWT. Semakin kita baca dengan lantunan yang indah, semakin terasa kedamaian dan kesejukan dari pancaran kandungan isinya, karena itu siapapun yang membaca Al-Qur’an dan menghayati pesen-pesan yang terkandung di dalamnya akan meningkat keimanan dan ketaqwaannya. Untuk itu kita harus menjadikan Al-Qur’an sebagai nafas kita, sebagai pegangan hidup kita yang hakiki dan pedoman kepribadian,” ujar Wabub.

Dia juga berharap agar hakikat, makna dan tujuan MTQ dapat dipegang teguh sehingga Al-Qur’an benar-benar dapat diresapi, benar-benar dihayati dan benar-benar dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, karena ketika menggaungkan Al-Qur’an, maka sebenarnya sedang menggaungkan nilai-nilai kemanusiaan, nila-nilai kesusilaan, sosial dan nilai-nilai yang mengutamakan pembelaan kepada yang lemah, mengutamakan pembelaan kepada yang fakir serta mengutamakan pembelaan kepada yang miskin.

Dikesempatan yang sama Wabub juga menyampaikan tentang pentingnya mencegah faham radikalisme di kalangan masyarakat.

“Kemarin saya bersama pihak kopolisian dalam rangka pencegahan radikalisme. Dimana-mana, kita sudah sampaiakan hindari dan kita berantas radikalisme yang berada di Kabupaten Parigi Moutong. Inilah tujuan ajang-ajang yang kita harapkan pada MTQ ini, sehingga bukan hanya melantukan tapi menghayati dan mengamalkan semuanya secara keseluruhan agar bisa dilaksanakan dari keluarga, masyarakat bahkan tingkat lebih tinggi,” tutupnya.

Ketua LPTQ Kabupaten Parigi Moutong yang juga Kepala Seksi Urusan Haji dan Umrah Kabupaten Parigi Moutong, Sudirman Cora, MM dalam sambutanya menyampaikan, kegiatan MTQ jangan hanya menjadi tradisi tanpa ada pesan da’wah didalamnya.

“Dengan persiapan yang baik dan islami, MTQ merupakan kegiatan yang telah menjadi kegiatan agenda tahunan dan melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa kita. Namun hal tersebut jangan dianggap bahwa ini sembuah tradisi tanpa ada pesan da’wah islam di dalamnya,” ujarnya.

Dia menyampaikan, disetiap iven penyelengaraan MTQ sepatunya memperbaharui dan memantapkan niat, bahwa MTQ bertujuan dalam rangka ibadah, karena yang di Musabaqahkan adalah kalam dan firman Allah SWT, sehingga penyelenggaraan MTQ senantiasa diarahkan pada upaya menumbuh kembangkan kecintaan dan menggairahkan masyarakat untuk senantiasa mempelajari dan memahami Al-Qur’an sebagai petunjuk dan mempodomani dalam kehidupan sehari-hari.

Pantauan media ini, masyarakat sangat antusias hadir menyaksikan kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan dengan desain kapal berlabuh di depan Masjid. Pada malam pertama pembukaan, ribuan masyarakat berbondong-bondong mendatangi tempat kegiatan baik datang sebagai penonton maupun datang sebagai peserta lomba MTQ.
“Mimbarnya unik dan berkesan serta bagus. Tidak kalah dengan kegiatantingkat kabupaten,” ujar Alzahri, salah satu pengunjung yang mengaku datang dari Parigi.

Abdul Rifki, pengunjung lain yang mengaku dari Sidoan juga menyampaikan ketertarikannya melihat langsung kegiatan MTQ tingkat Kecamatan Ampibabo itu.



“Tidak kalah ramenya dengan kegiatan MTQ tingkat kabupaten. Yang saya suka dari kegiatan MTQ Kecamatan Ampibabo ini yaitu mimbar di Arena MTQ seperti speet. Banyak MTQ yang saya ikuti dan kunjungi, baru kali ini saya melihat desain mimbar seperti speed baru banyak kembang apinya. Boleh tanya dengan yang pernah ikut ditingkat kabupaten, pasti jawabnya sama dengan saya bahwa kembang apinya lebih padat,” ujarnya.

Pantauan media ini di lokasi kegiatan, turut hadir Asisten Administrasi Umum Arman Maulana, Komisioner KPU Kabupaten Parigi Moutong Dirwan Korompot, Anggota Legeslatif Kabupaten Parigi Moutong dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zabur, S.Ag., Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama Wilayah Kecamatan Ampibabo dan Kabupaten Parigi Moutong. FIK

Load More Related Articles
Load More In Daerah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Lantik 42 Kades, Wabub Parimo Ingatkan Para Kades Hati-Hati Mengelola Dana Desa

Suasana pelantikan 42 Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Parigi Moutong yang berlangsung di …