Usulan Perubahan Dapil di Kota Palu Sudah Sulit Dilakukan

5 min read
0
307

Keterangan Foto :

Rapat Kerja (Raker) Penataan Dapil di Kota Palu bertempat disalah satu hotel di Kota Palu beberapa waktu lalu. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.com – Usulan perubahan Daerah Pemilihan (Dapil) di Kota Palu, khususnya Dapil Palu Utara – Tawaeli yang diusulkan bergabung dengan Dapil Palu Timur sulit untuk dilakukan, karena wilayahnya tidak bersambungan.

“Jika Dapil Palu Utara – Tawaeli digabung dengan Dapil Palu Timur, itu sangat tidak mungkin karena nanti akan menjadi Dapil melayang, sebab tidak bersambungan langsung,” ujar Komisioner KPU Kota Palu, Agusalim Wahid saat ditemui di Kantor KPU Palu, Rabu (28/2/2018).

Dikatakan, daerah yang berbatasan langsung dengan Palu Utara adalah Kecamatan Mantikulore. Jadi yang lebih memungkinkan bisa digabungkan dengan Palu Utara – Tawaeli adalah Mantikulore. Jika hal itu dilakukan, maka jumlah kursi bisa menjadi 10 kursi. Sementara jika Palu Timur dijadikan Dapil sendiri, maka alokasi kursinya tinggal 4 kursi.

“Kalau seperti itu perhitungannya, maka sama saja karena tetap ada yang 4 kursi yakni Dapil Palu Timur walaupun hanya satu kecamatan,” katanya.

Namun hingga seluruh tahapan penataan Dapil dilakukan, tidak ada usulan seperti simulasi di atas. Semua sepakat dengan Dapil sebelumnya yang digunakan pada Pemilu 2014, sehingga hanya nama Dapilnya yang berubah.

Menurut Agusalim Wahid, saat ini draf penetapan Dapil yang akan diajukan ke KPU RI hanya satu saja yakni komposisi Dapil yang sama persis dengan Pemilu 2014 lalu, sehingga tinggal menunggu keputusan dari KPU RI yang sesuai jadwal akan ditetapkan antara tanggal 28 Februari hingga 5 April 2018.

“Kita di KPU Palu hanya punya satu draf itu saja yang akan kami ajukan di KPU RI untuk ditetapkan dalam keputusan nanti,” terangnya.

Agusalim Wahid menambahkan, proses penataan Dapil Kota Palu sudah dilakukan pembahasan sejak tanggal 9 November 2017 lalu, dengan agenda awal Rapat Kerja serap aspirasi untuk penyusunan instrumen penataan Dapil dan alokasi kursi. Hadir dalam kegiatan itu Pemerintah Kota (Pemkot) Palu, Camat se-Kota Palu, beberapa dinas terkait seperti Dukcapil dan Kesbangpol, Organisasi Masyarakat (Ormas), Organisasi Kepemudaan (OKP), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Lembaga Keperempuanan, Tokoh Masyarakat serta penyandang disabilitas.

Selanjutnya, pada tanggal 13 Desember 2017 dilakukan lagi Raker Penataan Dapil dan simulasi perhitungan alokasi kursi DPRD Kota Palu dengan melibatkan Partai Politik (Parpol), dinas terkait, tokoh masyarakat dan OKP, Ormas dan kalangan pers di salah satu hotel di Kota Palu. Dalam Raker itulah diusulkan empat Dapil yakni Dapil 1 Palu Utara – Tawaeli dengan alokasi 4 kursi, Dapil 2 Palu Timur – Mantikolore alokasi 11 kursi, Dapil 3 Palu Selatan – Tatanga alokasi 12 kursi dan Dapil 4 Palu Barat – Ulujadi dengan alokasi 8 kursi.

“Usulan ini, sudah kami sampaikan juga ke Parpol, Perguruan Tinggi Untad, Ormas dan OKP untuk dilakukan pencermatan dan kajian. Namun hingga batas akhir tanggal 6 Februari tidak ada juga tanggapan dan masukan, sehingga KPU Kota Palu berpagang pada hasil Raker 4 Dapil,” terang Agusalim Wahid.

Rencananya dalam waktu dekat, KPU Kota Palu akan segera mengajukan draf penataan Dapil itu ke KPU RI untuk ditetapkan dalam surat keputusan KPU RI, karena KPU Kota Palu hanya menyerah masukan dan aspirasi masyarakat, sementara yang menetapkan adalah KPU RI.

“Ya sesuai jadwal tahapan, penetapan Dapil untuk Kabupaten/Kota antara tanggal 28 Februari sampai 5 April 2018 ini,” tutupnya. FUL

Berikut Dapil di Kota Palu :

Dapil 1    : Palu Utara – Tawaeli, 4 Kursi

Dapil 2    : Palu Timur – Mantikulore, 11 Kursi

Dapil 3    : Palu Selatan – Tatanga, 12 Kursi

Dapil 4    : Palu Barat – Ulujadi, 8 Kursi

Load More Related Articles
Load More In Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Aliansi Masyarakat Sulteng Cinta Damai, Tolak Deklarasi #2019 Ganti Presiden di Palu

Aliansi Masyarakat Sulteng Cinta Damai, Tolak Deklarasi #2019 Ganti Presiden di Palu PALU,…