Universitas Terbuka Sang Pelopor Pendidikan Generasi Millenial

6 min read
0
141

Pergeseran zaman diera modern telah menggeser pola komunikasi seseorang terhadap dunia luar, pola komunikasi dengan menggunakan media digital menjadi trend digenerasi milenial.

Oleh : Nurdiyah

Dari segi etika dan estetika pun mendapat ruang secara simbolik, dan akhirnya menjadi utuh secara moral diera modern. Pola komunikasi menggunakan digital sangat etis digunakan, terlebih bagi generasi millennial atau biasa disebut generasi Y, generasi yang hidup di era tekhnologi. Selama unsur-unsur komunikasi itu memiliki nilai edukasi bagi masyarakat, mempermudah akses informasi dan menyebarkan hal-hal yang positif. Disinilah peran pendidikan melembagakan instrumen digital sebagai bagian model pembelajaran diera modern, era dimana manusia penghuni bumi telah menggunakan hamper setengah dari populasi penduduk dunia yakni 3,9 miliar orang telah menggunakan digital sebagai media komunikasi, seperti yang dilansir CNN Desember 2018.

Media transaksi bisnis, media komunikasi sosial (individu dan individu, individu dan kelompok, kelompok dan kelompok), media pendidikan yang mempermudah akses setiap individu untuk mendapatkan pengetahuan tanpa harus dibatasi oleh ruang dan jarak. Penggunaan digitalisasi sebagai media komunikasi sosial sudah menjadi bagian terpenting dari proses pendidikan. Seperti halnya aplikasi belajar online apa yang disebut dengan ruang guru, pelajar mampu mengakses ruang guru ini sebagai tempat proses pembelajaran dan belajar.

Universitas Terbuka (Open University) adalah Perguruan Tinggi negeri yang keempat puluh lima sudah cukup lama menyelenggarakan proses pembelajaran berbasis online. Sebagai media proses belajar mengajar antara dosen dan mahasiswa, mahasiswa tak perlu lagi berada dalam ruang kelas bertatap muka langsung dengan dosen. Cukup berada dalam ruang kelas online, bisa diakses dimanapun dan dalam keadaan apapun tanpa harus mengganngu aktivitas kerja mahasiswa. Penggunaan ruang kelas online disajikan bagi mahasiswa tanpa harus mengganggu aktivitas mahasiswa. Mahasiswa cukup membuka akses internet, masuk kedalam laman tutorial online Universitas Terbuka  (UT) dan layanan kelas online  pun tersaji lengkap dengan fitur-fitur yang sangat membantu mahasiswa.

Pendidikan berbasis digital UT telah dirasakan di berbagai negara. Kemudahan mengakses ruang kelas online memicu animo masyarakat internasional kuliah di UT. Seperti di negara lain, UT telah menjangkau dan memberikan pelayanan berbasis digital. Era dimana masyarakat diberikan kemudahan untuk mendapatkan pelayanan pendidikan tanpa harus dibatasi ruang dan tempat, era dimana pendidikan menjadi kebutuhan dasar bagi masyarakat tanpa harus dibatasi oleh usia dan jarak. Sebab salah satu konsep pendidikan di UT adalah konsep pendidikan sepanjang hayat. Calon mahasiswa tidak dibatasi oleh usia untuk diberikan pelayanan pendidikan. Selama calon mahasiswa memiliki keinginan, kemauan dan motivasi untuk kuliah.

Universitas Terbuka memberikan pelayanan yang sangat memudahkan dalam proses pembelajaran. Mahasiswa diberikan kemudahan untuk memilih ruang mana sesuai program studi yang ditawarkan. Memilih belajar dengan buku materi pokok (BMP)/modul secara mandiri, belajar di ruang kelas tatap muka, atau belajar dengan berselancar di dunia maya dengan jejaring internet yang lebih dikenal dengan ruang kelas online.

Universitas Terbuka di 39 kota di Indonesia dan Layanan UT luar negeri yang telah mengelola mahasiswa dari berbagai negara. UT yang tersebar di berbagai provinsi disebut dengan Unit Pengelola Belajar Jarak Jauh (UPBJJ),  yang bertugas memberikan layanan kepada mahasiswa di seluruh pelosok tanah air. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan tempat, media pembelajaran, dan terjangkau di segala usia dan secara ekonomis. Sebab kuliah di UT tidak perlu biaya mahal, uang semester terjangkau, fasilitas kelasdimudahkan, modul buku pembelajaran tersajikan dan dapat diakses dimanapun.

Universitas Terbuka telah membina dan membuka : (1) Fakultas Ilmu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, (2) Fakultas Ekonomi, (3) Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Politik, (4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Program Magister, Program Doktoral yang Insya Allah launching di semester depan. Program Magister dan Doctoral juga tersedia dalam kelas tatap muka maupun full online. Ayo … ! kita mengisi waktu untuk belajar,menjadi pembelajar sepanjang hayat, tanpa harus dibatasi oleh ruang dan jarak untuk mendapatkan pelayanan pendidikan dengan kuliah di Universitas Terbuka.***

Penulis adalah Dosen FMIPA dan Manajer BBLBA UT Palu

Load More Related Articles
Load More In Opini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Pentingkah Asuransi Bencana Untuk Warga Indonesia

Bencana alam seperti gempa, kebakaran, atau banjir bisa dipastikan mengakibatkan kerugian …