TPQ Agung Darussalam Palu, Pusat Pembinaan Alquran

3 min read
1
375

PALU, SULTENGNEWS.com – Taman Pengajian Alquran Agung Darussalam Palu merupakan lembaga pendidikan nonformal yang bertujuan untuk membimbing santri-santri dalam mempelajari dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran.

Pelaksaan pengajian di TPQ Agung Darussalam Palu sangat teratur sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Menurut Kepala TPQ Agung Darusslam Palu, Moh. Amin, kurikulum yang diterapkan di Taman Pengajian Alquran tersebut menjadi acuan dalam  pencapain program-program yang ada. “Di TPQ ini kita punya kurikulum, diantaranya itu Pengajian Iqra dan Alquran, hafalan doa-doa, surat-surat pendek, dan ayat-ayat pilihan,” katanya kepada Sulteng Raya saat di temui di Mesjid Agung Darussalam Palu. Senin (20/11/17).

Pada pelaksaan program pengajaran Alquran yang dilaksankaan setiap hari Senin sampai  Sabtu itu, santri yang berjumlah 462 orang di bagi ke dalam dua kelompok sesuai dengan jenjang bacaan, yaitu kelompok Iqra dan Alquran. “Di jam pertama, kami mengajarkan kelompok Alquran secara klasikal yaitu hafalan doa-doa dan lain sebagainya, sementara kelompok Iqra di ajarkan baca huruf Alquran, kemudian di jam berikutnya kami roling, yaitu kelompok Iqra yang mendapatkan pembinaan pembaca doa-doa,” jelasnya.

Amin juga menjelaskan, jika setiap santri memiliki target hafalan baik berupa doa-doa, surat-surat pendek, maupun ayat-ayat pilihan yang di evaluasi saat sebelum ke jenjang bacaan selanjutnya. Adapun target waktu yang diberikan TPQ Agung Darussalam Palu kepada setiap santri diberi waktu maksimal 2 setengah tahun masa pembinaan.

“Target kami dalam memberikan pembinaan kepada santri yaitu dua tahun setengah, namun ada juga beberapa santri yang melebihi waktu tersebut. Yah sesuai dengan kemampuan dan kemauan dari santri itu sendiri,” katanya.

Dua tahun terakhir, TPQ Agung Darussalam Palu sudah mengasilkan empat santri yang mengikuti wisuda hafalan dua juz dan 13 santri yang hafal 1 juz. Pencapaian tersebut tentunya tidak lepas dari peran para pengajar yang ada di TPQ Agung Darussalam. Amin menyebutkan tenaga pengajar di TPQ Agung Darussalam berjumlah 36 orang yang memiliki jenjang pendidikan berbeda mulai dari SMP hingga S2.

Selain pelaksaan kurikulum yang menjadi target TPQ Agung Darussalam Palu. Ada beberapa kegiatan yang juga rutin dilaksakan yaitu lomba-lomba di bidang keagamaan, seni seperti rebana, dan pengadaan majlis ta’lim bagi para orang tua santri. AMD

Load More Related Articles
Load More In Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Sambuat Tahun Baru Islam, TK Aisyiyah 1 Baolan Zikir Bersama

TOLITOLI, SULTENGNEWS.com – Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Tahun Baru Islam,…