Tim Akar Rumput Tawarkan Solusi Terkait Kerusuhan di Papua

2 min read
0
161

Ketua akar rumput Ridha Saleh saat bersama para tokoh Papua. FOTO : IST

JAKARTA, SULTENGNEWS.com – Ketua Tim Akar Rumput, Ridha Saleh angkat bicara dan menawarkan solusi terkait eskalasi dan kerusuhan yang terjadi di Manokwari, Papua Barat dan Papua.



Ridha Saleh menyatakan, dalam situasi seperti ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai pemimpin tertinggi Negara ini harus mengambil tindakan cepat.

Ridha Saleh menyarankan agar Jokowi memerintahkan semua jajaran dan aparatur pemerintahan untuk berperan aktif dalam mencegah dan menghentikan segala bentuk kekerasan terhadap masyarakat sipil di Papua dengan mengedepankan prinsip musyawarah mufakat.

“Menghentikan kekerasan dalam bentuk apapun terhadap masyarakat sipil Papua dan mengutamakan musyawarah mufakat dalam penyelesaian apapun persoalan orang Papua melalui kelembagaan adat,” ujar Ridha Saleh di Jakarta, Senin (20/8/2019).

Selain itu, kepada pemerintah, Ridha Saleh menyarankan agar mengimplementasikan secara sungguh-sungguh prinsip afirmasi dan hak-hak politik orang Papua melalui pembentukan Dewan Rakyat Papua (DRP) sebagai wadah politik orang Papua.

“Dewan Rakyat Papua itu terdiri dari unsur masyarakat adat, keterwakilan perempuan dan keterwakilan tokoh agama,” imbuhnya.



Tujuan pembentukan DRP tersebut, menurut Ridha Saleh adalah dalam membangun tanah Papua, menyelesaiakan konflik-konflik , serta mengontrol kebijakan dalam berbagai permasalahan orang Papua.

“Membangun dan memperkuat ekonomi rakyat papua melalui penguatan identitas ekonomi lokal serta membuka akses seluas-luasnya bagi rakyat Papua untuk mengakses sumber-sumber permodalan,” tambahnya. */FUL

Load More Related Articles
Load More In Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

BJ Habibie Meninggal Dunia

JAKARTA, SULTENGNEWS.com – Presiden RI ke-3, BJ Habibie, tutup usia. Habibie meningg…