Tiga Parpol Menang di Bawaslu, Serahkan Dokumen ke KPU Palu

2 min read
0
222

PALU, SULTENGNEWS.com  – Tiga Partai Politik (Parpol) yang memenangkan gugatan di Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI beberapa waktu lalu, secara resmi menyerahkan dokumen partainya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu.

Tiga Partai tersebut yakni Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Islam Damai Aman (IDAMAN). Ketiganya, resmi menyerahkan dokumen dari tanggal 19 sampai 22 November 2017.

Komisioner Devisi Teknis KPU Palu, Chairil saat dihubungi media ini mengatakan, sesuai PKPU Nomor 7 tahun 2017 berkas ketiga partai tersebut akan dilakukan seleksi administrasi sebagaimana partai – partai yang telah menyerahkan dokumen sebelumnya.

“Sesuai jadwal, tanggal 30 November ini, hasil verifikasi berkas ketiga Parpol itu akan kami serahkan,” ujar Chairil kepada media ini, Jumat (24/11/2017).

Dikatakan, seperti parpol – parpol sebelumnya, verifikasi akan dilakukan dimulai daulu dari kelengkapan dokumen, kegandaan anggota hingga keterlibatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Parpol itu. Setelah diserahkan hasilnya pada 30 November nanti, ketiga parpol akan diberikan kesempatan untuk memperbaiki beberapa kesalahan.

“Karena tahapan terus berjalan, kemungkinan tiga parpol yang baru menyerahkan dokumen akan dibuatkan tahapan tersendiri. Namun, saya pastikan pada saat penetapan nomor urut sudah sama – sama semua, jika lolos sebagai peserta Pemilu,” terangnya.

Sebelumnya, Chairil mengatakan, memang dari sembilan Parpol yang gugatannya di terima Bawaslu RI, hanya tiga yang selama ini diketahui oleh KPU Kota Palu yakni Partai IDAMAN, Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Sementara 6 partai lainnya, belum pernah melapor bahkan berkonsultasi dengan KPU Palu.

“Dari enam Parpol yang menggugat itu, hanya tiga itu memang yang kita tahu,” tandasnya. FUL

Load More Related Articles
Load More In Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Gerindra Dituding Ulur – Ulur Pengisian Jabatan Wagub

PALU, SULTENGNEWS.com – Pengisian Jabatan Wakil Gubernur (Wagub) Sulteng yang ditinggalkan…