Tahapan Pendaftaran Parpol Tidak Berubah

2 min read
0
169

PALU, SULTENGNEWS.com  – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, Marwan P Angku mengatakan, saat ini ada tiga Partai Politik (Parpol)  secara resmi menyerahkan dokumen ke KPU Kota Palu.   Tiga Parpol tersebut yakni PKPI, PBB dan Partai Idaman. Ketiganya dinyatakan menang gugatan di Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI beberapa waktu lalu.

Meski menerima dokumen dari ketiga partai tersebut, tahapan pendaftaran maupun penelitian administrasi Parpol yang telah disusun oleh KPU tidak berubah. Penelitian administrasi dari tiga partai tersebut memiliki tahapan tersendiri.

“Penyerahan hasil penelitian administrasi untuk  tiga parpol tersebut akan dilaksanakan pada 30 November 2017 mendatang,”ujar Marwan saat ditemui media ini di ruang kerjanya, Senin (27/11/2017).

Kemungkinan, kata Marwan, tiga partai tersebut akan menyesuaikan tahapan Pemilu pada saat penetapan parpol peserta Pemilu tahun 2019 yang dijadwalkan pada Februari tahun 2018 mendatang.

“Kemungkinan ketemunya saat penetapan Parpol peserta Pemilu tahun 2019,”ujarnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Palu Chairil menjelaskan, dari tiga Parpol yang mendaftar, hanya PBB dan Partai Idaman yang dinyatakan melengkapi dokumen yang diminta yakni daftar nama anggota serta lampiran E-KTP dan KTA. Sementara PKPI tidak melengkapi lampiran KTA.

Namun, kata Chairil, KPU masih akan melakukan penelitian dan verifikasi administrasi untuk melihat dokumen yang diserahkan oleh ketiga Parpol tersebut.

“Verifikasi akan dilakukan dimulai dengan kelengkapan dokumen, kegandaan anggota hingga keterlibatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Parpol itu. Setelah  itu, hasilnya akan diserahkan pada 30 November nanti, ketiga Parpol akan diberikan kesempatan untuk memperbaiki beberapa kesalahan,”ujar Chairil. WAN

Load More Related Articles
Load More In Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Aliansi Masyarakat Sulteng Cinta Damai, Tolak Deklarasi #2019 Ganti Presiden di Palu

Aliansi Masyarakat Sulteng Cinta Damai, Tolak Deklarasi #2019 Ganti Presiden di Palu PALU,…