Sulteng Akan Segera Miliki SMK Pariwisata

4 min read
0
31

PARIGI, SULTENGNEWS.com –  Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H Longki Djanggola, M.Si menegaskan bahwa peluang industri pariwisata begitu luas. Apalagi Sulawesi Tengah sektor pariwisatanya sedang terus berkembang. Peluang ini jangan sampai diabaikan, mengingat industri tersebut akan menyerap banyak tenaga kerja.

Pernyataan tersebut diungkapkannya ketika memberikan sambutan pada acara peletakan batu pertama pembangunan sekolah menengah kejuruan negeri (SMKN) pariwisata Parigata di Desa Jono Kelurahan Parigi Barat. Di kesempatan Gubernur didampingi oleh Ny Hj Zalzulmida, SH., CN yang juga ketua ketua komisi 4 DPRD provinsi. Maka tak lama lagi provinsi Sulawesi Tengah akan memiliki SMKN Pariwisata.

Pembangunan SMKN selain di Parigi Moutong, juga akan dibangun di wilayah lain. Yaitu di Toili Kabupaten Banggai dan di Bungku Kabupaten Morowali. Hal ini katanya, merupakan sebuah upaya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, yang sejalan dan sesuai dengan visi dan misi pemerintah Sulawesi Tengah.

“Sekolah ini Alhamdulillah dimulakan berkat para pejabat dan tokoh yang mengusahakannya , 3 SMK tahun ini kita dapat, sesuai dengan visi misi provinsi, sampai 2021 kita memprioritaskan SMK, salah satu tujuannya untuk mengatasi pengangguran dan tenaga kerja.

Bungku dan Toili selanjutnya. Saya pesan untuk dapat betul digunakan dengan baik. Dan tolong persiapkan lahan dengan baik, dan saya terima kasih pak Asmir Tossa. Sekali lagi pemerintah provinsi sangat mendukung ini, saya dorong ibu Kabid Pendidikan untuk mendorong ini. Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat dan Pemda, terima kasih atas keseriusan saudara dan kita memulai ini.

Sejarahnya nama Parigata, adalah bunga yang terkenal di Parigi sampai Sausu. Mari kita kawal dan awasi, agar kedepannya dapat bermanfaat bagi masyarakat di sini. Kesempatan pekerjaan sektor pariwisata sangat banyak. Ini bisa kita jawab”, urai gubernur yang juga pernah jadi bupati Parigi Moutong dua periode.

Wakil bupati Parigi Moutong Badrun Nggai yang hadir di sana, mengungkapkan terima kasih atas perkenaan gubernur beserta ibu untuk hadir memulakan pembangunan. Pembangunan SMKN Parigata, katanya, akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Parigi Moutong.

Karena nantinya, para orang tua tidak perlu lagi menyekolahkan anaknya jauh-jauh. Karena disini sudah ada. Ia menekankan, kepada warga sekitar untuk dapat membantu serta menjaga dan merawat fasilitas yang telah ada.

“Terima kasih kepada bapak gubernur dan Ibu Zalzulmida juga bunda Anak Harapan Bangsa, kita bersyukur ibu masih memperhatikan Parigi Moutong. Apalagi pak gubernur tidak akan melupakan Parigi Moutong. Dan semua pihak yang membantu. Sekaligus ini nantinya akan digunakan anak-anak dan kedepannya yang bermanfaat di bidang Pariwisata. Di Kayu Bura sudah ada seperti di Bali, Banana Boat. Diving, Saya harap warga desa Lembo, Jono, Lebo agar setelah dibangun agar dirawat. BIM

Load More Related Articles
Load More In Sulteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Wawali Palu ‘Pasha Ungu’ Nyatakan Siap Mundur

PALU, SULTENGNEWS.com – Wakil Wali Kota Palu, Sigit Purnomo Syamsuddin Said alias Pa…