Sekolah Alam “Awan Hijau” Kamalisi, Sukses Laksanakan BIB

5 min read
0
145

Keterangan Foto :

Ustadz Sarlin saat memberikan materi kepada para peserta Belajar Islam Bersama (BIB) pada Sabtu dan Minggu (10 dan 11 Maret 2018). FOTO : MAHFUL/SN

SIGI, SULTENGNEWS.com – Sekolah Alam “Awan Hijau” Kamalisi di Dusun Lambara, Desa Daenggune, Kabupaten Sigi sukses melaksanakan kegiatan Belajar Islam Bersama (BIB) pada Sabtu – Minggu Tanggal 10 sampai 11 Maret 2018.

Kegiatan BIB yang berlangsung dua hari ini, diikuti 45 peserta yang berasal dari sekolah dasar (SD) di Desa Daenggune, Kabupaten Sigi. Para peserta diajarkan berbagai hal mulai dari mengaji, menghafal doa – doa, lagu – lagu shalawat nabi, pola hidup sehat, serta mengenal lingkungan sekitar yang merupakan bentangan alam yang luas.

Para peserta BIB nampak antusias memasang tenda sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam proses belajar. FOTO : MAHFUL/SN

Para peserta nampak sangat antusias mengikuti semua materi dan rangkaian kegiatan BIB yang dibimbing langsung instruktur profesional Ustadz Sarlin yang sudah malang melintang didunia instruktur kegiatan BIB.

Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti belajar di alam terbuka di bawah pepohonan yang rindang dan sejuk. Gemercik air yang mengalir dari bukit melintasi area Sekolah Alam menambah asyik proses belajar – mengajar itu. Apalagi di areal sekolah alam, juga terdapat beberapa kolam ikan dan juga kolam untuk berenang anak – anak.

Panitia BIB juga tampak sibuk memasang tenda karena harus bermalam. FOTO : MAHFUL/SN

Setelah mengikuti semua rangkaian materi, anak – anak lalu dipersilahkan bermain bebas di alam serta mandi dan berenang di kolam yang telah disediakan. Namun instruktur terus mengawasi semua anak – anak itu, karena bermain bebas di alam itu merupakan salah satu dari rangkaian belajar dari kegiatan BIB.

Bahkan hingga waktu belajar pada minggu sore (11/3/2018) sudah berakhir, para peserta nampak enggan meninggalkan lokasi sekolah yang selama dua hari mereka belajar di tempat itu. Namun karena waktu sudah memasuki magrib, para pengelola meminta para peserta untuk segera kembali ke rumah masing – masing.

Panitia terlihat sibuk menyiapkan makanan untuk para peserta BIB bersama panitia. FOTO : MAHFUL/SN

Salah satu pengelola Sekolah Alam “Awan Hijau” Kamalisi, Rifai Labaso kepada sultengnews.com mengatakan, kegiatan BIB yang dilakukan untuk pertama kalinya di sekolah alam itu, baru melibatkan anak – anak disekitar dulu. Setelah semua infrastruktur sekolah terbentuk, barulah melibatkan sekolah – sekolah formal lainnya baik di Kota Palu maupun di Kabupaten Sigi.

“Sekolah Alam “Awan Hijau” Kamalisi, merupakan sekolah alam pertama di Sulteng. Jadi konsepnya kedepan, sekolah ini akan bermitra dengan sekolah – sekolah formal di Palu dan di Kabupaten – Kabupaten lainnya di Sulteng,” ujar mantan Aktivis Pelajar Islam Indonesia (PPI) ini.

Panitia Pembangunan Sekolah Alam “Awan Hijau” Kamalisi saat bersilaturahmi dengan anggota DPR RI Dapil Sulteng, Muhidin M Said. FOTO : MAHFUL/SN

Rifai berharap, semoga proses pembangunan semua infrastruktur sekolah itu tidak ada halangan dan bisa selesai dalam waktu cepat, sehingga proses belajar – mengajar di sekolah itu segera dapat dilakukan.

“Do’a kan ya, semoga sekolah alam ini bisa segera selesai pembangunannya dan sudah bisa dimulai proses belajar – mengajar yang melibatkan sekolah – sekolah formal di Kota Palu dan Kabupaten – Kabupaten lainnya di Sulteng,” tutupnya. FUL

Load More Related Articles
Load More In Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Ketua Komisi IV DPRD Sulteng Pantau UNBK di Sigi

Keterangan Foto : Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Tengah  Hj. Zalzulmida A. Djanggo…