Rusli Dg. Palabbi Sebut Politik Adalah Ibadah

4 min read
0
201

PALU, SULTENGNEWS.com – Menjadi anggota dewan, bagaikan berada dipersimpangan jalan. Yang satu membawa kebaikan atau Surga dan yang satu membawa keburukan atau Neraka. Jika salah memilih jalan, maka anggota dewan tidak hanya mendapatkan keburukan di dunia, tapi juga di akhirat kelak. Karena itulah, anggota dewan harus benar – benar berhati – hati agar terus berada di jalan yang benar. Inilah prinsip politik yang dianut Rusli Dg. Palabbi.

Baginya, politik adalah ibadah sehingga setiap aktivitas politiknya dimaknai sebagai ibadah kepada Allah SWT. Berpolitik adalah jalan untuk dapat meraih kekuasaan, sehingga dengan kekuasaan itu lah dapat membantu hajat hidup orang banyak.

“Jika kita memiliki kekuasaan, kita dapat dengan mudah membantu masyarakat dengan kekuasaan itu. Sebab hajat hidup orang banyak, ditentukan oleh kekuasaan politik. Karena itulah sehingga saya berpolitik, karena bagi saya politik adalah ibadah,” katanya saat berbincang dengan Sultengnews.com belum lama ini.

Sebelum memutuskan masuk ke dunia politik, Rusli Dg. Palabbi adalah karyawan PT Bosowa di Jalan RA Kartini Palu, sejak tahun 1988 hingga tahun 1998. Diperusahaan ini, ia menempati posisi sebagai manager pemasaran dan spare part. Setelah merasa pengabdiannya sudah cukup, Rusli Dg. Palabbi memutuskan untuk berhenti dari PT Bosowa dan membuka usaha foto kopy dan menjual alat tulis kantor (ATK) di kediamannya saat itu Jalan RA Kartini. Disaat bersamaan, ia juga mencoba menjadi kontraktor dan mendapatkan beberapa proyek – proyek kecil di Kota Palu. Tahun 2000, adalah awal karir Rusli Dg. Palabbi di dunia politik dengan bergabung ke Partai Bintang Reformasi (PBR) Sulteng yang didirikan KH. Zainudin MZ.

Saat bergabung ke PBR Sulteng, ia dipercaya sebagai Wakil Ketua oleh Mustar Labolo yang saat itu menjadi ketua DPW PBR Sulteng. Pemilihan Umum Legislatif (Pemilu) tahun 2004, Rusli Dg. Palabbi mencoba peruntungan dengan menjadi Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPRD Sulteng dari PBR Dapil Kota Palu.

Namun perjuangan Rusli belum membuahkan hasil karena tidak lolos ke DPRD Sulteng. Selanjutnya Pemilu tahun 2009, Rusli Dg Palabbi kembali mencalonkan diri dari PBR. Kali ini dia lolos sebagai anggota DPRD Sulteng periode 2009 – 2014, namun dari Dapil Donggala – Sigi.

Karena PBR tidak lolos parleman tresort pada Pemilu 2009, Rusli Dg. Palabbi akhirnya memilih bergabung di Partai Amanat Nasional (PAN) tahun 2011. Meski demikian status anggota dewan tetap karena saat itu, ada keputusan Mahkama Konstitusi (MK) yang membolehkan semua anggota dewan yang partainya tidak lolos parlement tresort bergabung dengan partai yang lolos tanpa harus mengundurkan diri sebagai anggota dewan. Pemilu tahun tahun 2014 Rusli Dg. Palabbi kembali pencalonkan dari PAN dan lolos sebagai anggota DPRD Sulteng hingga sekarang.

Meski belum lama bergabung di PAN, namun Rusli Dg. Palabbi mampu beradaptasi dan akhirnya mendapat kepercayaan sebagai Sekretaris Wilayah DPW PAN Sulteng saat ini. FUL

 

Load More Related Articles
Load More In Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Gerindra Dituding Ulur – Ulur Pengisian Jabatan Wagub

PALU, SULTENGNEWS.com – Pengisian Jabatan Wakil Gubernur (Wagub) Sulteng yang ditinggalkan…