Reklamasi di Tondo, DPRD Minta Berdayakan Masyarakat Lokal

3 min read
0
79

Keterangan Foto :

Anggota DPRD Kota Palu, H Nanang saat meninjau lokasi reklamasi milik anggota DPR RI Syarifudin Sudding di Pantai Tondo, Senin (11/12/2017). Foto:IST

PALU, SULTENGNEWS.com – Anggota DPRD Kota Palu, H Nanang mengatakan Warga Tondo tidak mempersoalkan adanya reklamasi di daerah tersebut, sepanjang seluruh izin dan prosedur dipenuhi.

Selain itu, H Nanang juga meminta agar pemilik lahan reklamasi melakukan komunikasi terbuka dengan masyarakat serta memberdayakan masyarakat lokal di Tondo.

“Bukan kewenangan saya untuk mengatakan ini melanggar atau tidak, tetapi secara administrasi paling tidak mengenai izin, UKL – UPL, IMB atau kajian AMDAL perlu dipenuhi secara prosedural. Menurut saya, ini  tidak ada masalah di masyarakat sepanjang dikomunikasikan dengan baik,”ujarnya.

“Konsekuensi dari kota berkembang tentu punya dampak, tetapi kalau dikomunikasi dengan baik dan memberdayakan masyarakat lokal, Insya Allah semua akan lancar,”ujarnya.

Menurut politisi PKB ini, terdapat tiga lokasi yang sedang diperbincangkan di publik saat ini yakni lahan milik anggota DPR RI Syarifudin Sudding, lahan milik Bupati Buol Amiruddin Rauf serta lahan milik Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng Hidayat Lamakarate.

Dari tiga lokasi tersebut, hanya lahan milik Syarifudin Sudding yang masuk kategori reklamasi karena penimbunan yang menjorok ke laut mencapai 30 meter. Sedangkan milik Amiruddin Rauf dan Hidayat Lamakarate berdasarkan penjelasan pemilik lahan masih kategori pengembalian batas tanah yang hilang akibat abrasi.

Nanang yang mengajak sejumlah wartawan meninjau langsung lokasi reklamasi memperlihatkan kondisi di lapangan.

“Saya tidak mau bela siapa-siapa, tetapi berdasarkan pandangan secara kasat mata, kita lihat memang lokasi milik Bupati Buol Amiruddin Rauf dan Hidayat Lamakarate merupakan pengembalian luas lahan yang terkikis akibat adanya abrasi. Kami tahu itu karena lokasi ini tempat kami bermain waktu kecil,jadi memang ada pergeseran luar lahan akibat abrasi pantai ,”ujarnya. IJR

Load More Related Articles
Load More In Sulteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Pemprov Sulteng Bersama Lebah Madu Gelar CCM Saat HUT Sulteng

Keterangan Foto : Suasana diskusi bersama antara Direktur Lembah Madu sebagai Ivent Organi…