Pesantren Berperan Bangun Simpul Budaya Relijius

1 min read
0
202

PALU, SULTENGNEWS.com – Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan telah banyak berperan aktif memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain sebagai lembaga keilmuan, pelatihan, pemberdayaan masyarakat, keagamaan, pondok pesantren juga berperan dalam simpul budaya religius. Hal ini telah dibuktikan dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia.

Asisten Administrasi Pemerintahan, Hukum dan Politik, Mohammad Faizal Mang pada acara penguatan kelembagaan pendidikan pondok pesantren tingkat Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) di salah satu hotel di Ampana Kota mengatakan, keberadaan pondok pesantren dewasa ini diharapkan menjadi modal utama dalam membentuk pribadi santri yang mampu mengikuti perkembangan zaman dengan mempersiapkan peserta didik agar dapat menjalankan perannya yang menuntut penguasaan pengetahuan tentang ajaran agama dan menjadi seorang ahli ilmu agama.

Menurutnya, keberadaan pondok pesantren dan para santri harus dibekali dengan nilai-nilai keislaman dan ilmu-ilmu modern, seperti pengetahuan agama dan penggalian dari teknologi keterampilan umum dengan berdasarkan pada Al-quran dan Hadist sebagai sumber inspirasi dan rujukan.

“Peran pondok pesantren perlu ditingkatkan sejalan dengan tuntutan globalisasi. Salah satu langkah bijak yang perlu dipersiapkan agar tidak ketinggalan kereta,” tutur Faisal Mang. SNN

Load More Related Articles
Load More In Sulteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

PKBI Sulteng Buka Posko Kesehatan di Empat Titik Pengungsian

Direktur PKBI Sulteng, Yospin saat berkoordinasi dengan bidan di Kelurahan Kabonena untuk …