Perindo Lolos Verifikasi, PSI Belum Memenuhi Syarat

3 min read
0
419

Keterangan Foto :

Suasana penyerahan berkas hasil verifikasi kepada Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Kantor KPU Palu, Jumat (5/1/2018). FOTO : MAHFUL/SN

PALU, SULTENGNEWS.com – Hasil verifikasi faktual yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) kepada dua Partai Politik (Parpol) yakni Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Solidaritas Indonesia (PS) resmi diserahkan kepada masing – masing parpol.

Verifikasi kedua Parpol ini meliputi keanggotaan, kepengurusan, domisili kantor dan keterwakilan 30 persen perempuan dalam kepengurusan. Hasilnya, Perindo dinyatakan lolos oleh KPU Palu. Sementara PSI dinyatakan Belum Memenuhi Syarat (BSM).

“Sesuai hasil verifikasi tim verifikator di lapangan, Partai Perindo kami nyatakan lolos. Sementara PSI, Belum Memenuhi Syarat. Olehnya, kami minta kepada pengurus PSI agar bisa mengganti keanggotaan yang BSM dalam waktu 14 hari perbaikan,” ujar Komisioner KPU Palu, Agusalim Wahid setelah penyerahan berkas hasil verifikasi di Kantor KPU Palu, Jumat (5/1/2018).

Ketua KPU Palu, Marwan P Angku bersama komisioner KPU Palu lainnya serta Ketua Panwaslu, Munira pada acara penyerahan hasil verifikasi faktual Parindo dan PSI. FOTO : MAHFUL/SN

Dikatakan, masalah utama yang membuat PSI tidak lolos adalah masalah keanggotaan. Dari 38 anggota yang dilakukan verifikasi atau 10 persen dari syarat minimal 363 anggota yang dimasukkan ke KPU, 22 anggota dinyatakan BSM dengan keterangan 11 orang karena tidak bisa ditemui tim verifikator dan 11 orang lagi mengaku bukan anggota PSI yang dibuktikan dengan surat pernyataan ke tim verifikator.

“Dengan demikian, maka pengurus PSI harus mengganti 22 anggota yang BSM dengan ketentuan satu banding 10, sehingga jumlah anggota yang harus dimasukkan lagi sebanyak 203 orang,” terang Agusalim Wahid kepada perwakilan PSI usai penyerahan berkas.

Dengan ketentuan itu, maka jumlah anggota yang harus masuk lagi ke KPU sebanyak 567 anggota. Dari jumlah 567 itu, maka 10 persennya adalah 56 orang. Jumlah 56 orang itulah yang akan diverifikasi faktual kembali oleh KPU.

Sementara Partai Perindo, dinyatakan lolos karena jumlah anggota yang memenuhi syarat mencapai 780 lebih atau sudah melebihi syarat minimal 363 jumlah anggota. FUL

Load More Related Articles
Load More In Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Aliansi Masyarakat Sulteng Cinta Damai, Tolak Deklarasi #2019 Ganti Presiden di Palu

Aliansi Masyarakat Sulteng Cinta Damai, Tolak Deklarasi #2019 Ganti Presiden di Palu PALU,…