Pemkab Buol Programkan Satu Warga Satu Sapi

5 min read
1
941

SULTENGNEWS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buol, rencananya Januari 2018 akan melauching program “One Man One Cow” atau satu orang satu sapi. Dengan program ini, setiap warga di Kabupaten Buol akan memiliki sapi.

“Sebagai tahap awal, semua pegawai akan saya wajibkan memiliki sapi mulai dari Kepala Dinas, Kepala Bidang, Kepala Seksi hingga pegawai biasa,” ujar Bupati Buol, dr. Amirudin Rauf, SpOG saat bersilaturahmi dengan Pimpinan Bank Mandiri Area Palu, Bambang Indriatmoko di kantornya Jalan Samratulangi, Selasa (21/11/2017).

Dikatakan, untuk Kepala Dinas diharuskan memiliki sapi minimal empat ekor setiap orang. Sementara Kepala Bidang tiga ekor setiap orang, Kepala Seksi dua ekor setiap orang dan pegawai biasa minimal satu ekor setiap orang. Untuk pembelian sapi ini, Pemkab Buol akan bekerjasama dengan Bank Mandiri melalui program pemberdayaan.

“Nanti Kepala Dinas, Kepala Bidang, Kepala Seksi dan para pegawai mencicil ke Bank Mandiri. Soal cicilan, saya rasa para pegawai saya mampu, karena tunjangan mereka sudah saya naikkan semua,” terang Bupati.

Setelah para pegawai memiliki sapi, Bupati mengaku juga akan mewajibkan setiap desa melalui Dana Desa untuk menganggarkan juga pembelian sapi minimal 30 ekor setiap desa dengan jumlah di Buol saat ini sebanyak 108 desa. Selanjutnya, para kontraktor juga wajib memiliki sapi dengan ketentuan untuk bagi yang mendapatkan proyek diatas Rp1 Miliar, wajib memiliki minimal dua ekor sapi. Sedangkan proyek dibawah Rp1 Miliar, minimal satu ekor sapi untuk setiap kontraktor.

“Dalam waktu dekat ini, saya akan membuat surat edaran kepada semua pegawai negeri dan swasta, serta para kontraktor dan kepala desa untuk menyukseskan program 100 ribu ekor sapi ini, dengan semua memiliki sapi,” terang orang nomor satu di Kabupaten Buol ini.

Bahkan lanjut Bupati, semua warga di Kabupaten Buol juga akan diharuskan memiliki sapi masing – masing satu ekor satu orang dengan pembiayaan bekerjasama dengan Bank Mandiri. Artinya, warga tinggal mencicil ke Bank Mandiri seharga sapi yang dimilikinya. Dengan program ini, bupati yakin target 100 ribu sapi di Kabupaten Buol bisa tercapai dalam waktu tiga tahun kedepan.

“Saat ini, sapi di Buol baru berkisar 20 ribu ekor semua. Tapi dengan program ini, saya yakin akan bisa tercapai 100 ribu dalam tiga tahun kedepan,” ujar bupati optimis.

Kepala Bank Mandiri Area Palu, Bambang Indriatmoko menyambut baik program “One Man One Cow” dari Pemkab Buol. Pihak Bank Mandiri mengaku siap bekerjasama dengan Pemkab Buol untuk menyukseskan program tersebut.

“Ini merupakan terobosan baru dari Pak Bupati yang harus kita suport. Prinsipnya, kita siap membantu Pak Bupati untuk menyukseskan program ini,” ujar Bambang Indriatmoko dihadapan Bupati Buol yang berkunjung di ruang kerjanya.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan segera menghitung pembiayaan dari program “One Man One Cow” dari Pemkab Buol tersebut. Bahkan untuk asuransi dari semua sapi itu, Bank Mandiri juga siap membaiayi karena sudah bekerjasama dengan perusahaan asuransi ternama di Indonesia.

Setelah beberapa saat bertukar pikiran dengan pimpinan Bank Mandiri Area Palu, Bupati Buol Amirudin Rauf lalu berpamitan dan meninggalkan Bank Mandiri Cabang Palu. FUL

Load More Related Articles
Load More In Sulteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

PKBI Sulteng Buka Posko Kesehatan di Empat Titik Pengungsian

Direktur PKBI Sulteng, Yospin saat berkoordinasi dengan bidan di Kelurahan Kabonena untuk …