PDIP Pastikan Usung Tokoh Dengan Elektabilitas Tertinggi

2 min read
0
358

PALU, SULTENGNEWS.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulteng, memastikan akan mengusung tokoh yang mendaftar di PDIP dengan elektabilitas tertinggi.



“Prinsipnya kita akan mengusung tokoh yang memiliki elektabilitas tertinggi sesuai hasil survey,” ujar ketua DPD PDIP Sulteng, Muharram Nurdin saat ditemui di Gedung DPRD Sulteng, Senin (9/9/2019).

Menurutnya, mekanisme di PDIP semua tokoh politik yang telah mengambil formulir, baru disebut mendaftar setelah yang bersangkutan mengembalikan formulir pendaftaran sebagai calon gubernur atau sebagai calon wakil gubernur.

Setelah itu, nama-nama yang telah mengembalikan formulir diajukan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk selanjutnya di survey. Dari hasil survey itu, tiga nama dengan hasil survey tertinggi akan dilanjutkan ke proses selanjutnya yakni uji kelayakan dan kepatutan.

“Siapa tokoh yang dianggap memenuhi syarat dari uji kelayakan dan kepatutan, itulah yang akan diusung oleh PDIP sebagai Calon Gubernur Sulteng,” terang Wakil Ketua DPRD Sulteng ini.

Dia menambahkan, PDIP siap mengeluarkan rekomendasi mengusung calon gubernur dan calon wakil gubernur, meski yang bersangkutan belum memiliki rekomendasi dari partai lain.



“Biasanya, partai belum mau mengeluarkan rekomendasi jika belum jelas partai mana saja yang siap mengusung. Tapi kita di PDIP siap mengeluarkan rekomendasi asal sudah ada pembicaraan awal bahwa partai tertentu siap mengusung calon tersebut,” terang Muharram.

Lebih lanjut dia menambahkan, sesuai jadwal tahapan penerimaan calon kepala daerah, rencananya November 2019 sudah keluar nama calon yang akan diusung PDIP.

“Paling lambar Desember 2019 sudah keluar nama calon gubernur yang akan diusung PDIP,” tutupnya. FUL

Load More Related Articles
Load More In Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Anwar Hafid Balon Pertama Mengambil Formulir di Gerindra

PALU, SULTENGNEWS.com – Perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 2…