Menpan-RB Akan Hapus Jabatan Eselon III dan IV Dalam Waktu Satu Tahun

2 min read
0
834

JAKARTA, SULTENGNEWS.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Tjahjo Kumolo berjanji akan memangkas pejabat eselon dengan menghapus jabatan eselon III dan IV dalam waktu satu tahun.



Hal ini dilakukan demi menjalankan amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk merampingkan birokrasi saat pidato perdananya, setelah mengucapkan sumpah janji sebagai Presiden RI periode kedua pada tanggal 20 Oktober 2019.

Tjahjo menegaskan akan melakukan pemangkasan jabatan eselon III dan IV dalam waktu setahun. Sebagai tahap awal, Tjahjo akan menghapus dulu jabatan eselon III dan IV dimulai pada November 2019 di kementerian yang dipimpinnya.

“Kemenpan-RB strategis, karena kita miliki amanat saat pelantikan presiden, adalah masalah eselonisasi yang harus disederhanakan. Kita mau pangkas dua dan digantikan jabatan fungsional, target saya eselonisasi itu paling lama setahun selesai,” ungkap Tjahjo di kantornya, Jakarta sebagaimana yang dilansir detikfinance, Rabu (30/10/2019)

“Saya mulai dari Kemenpan-RB, yang bulan ini eselon III dan IV dipangkas,” sebutnya.

Tjahjo menegaskan apabila pemangkasan tidak terjadi dalam setahun, maka dia berjanji untuk mundur.

“Janji saya nggak sampai setahun berati saya gagal, saya mundur. Maka saya akan percepat hal yang jadi poin pak presiden,” tegasnya.



Dengan adanya rencana penghapusan eselon III dan IV hingga ke tingkat provinsi dan kabupaten/kota, maka tentu akan sangat banyak pejabat yang harus menyiapkan diri untuk menjadi tenaga fungsional. Dengan demikian, ditingkat daerah kemungkinan tidak akan ada lagi jabatan kepala seksi dan kepala bidang di semua instansi pemerintah daerah.

Apakah ini akan benar-benar terjadi, sangat menarik untuk dinantikan.***

Load More Related Articles
Load More In Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Kapolri Akan Tindak Tegas Kapolres Minta Proyek

Bogor, SultengNews.com – Kapolri Jenderal Idham Azis berkomitmen jajaran Polri akan …