Masykur Usulkan Pemda Segera Bangun Pabrik Semen di Morowali

oleh -

PALU, SULTENGNEWS.com – Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Provinsi (Deprov) Sulawesi Tengah (Sulteng),  Muhammad Masykur mengusulkan kepada Pemerintah Daerah dalam hal ini Gubernur bersama Bupati Kabupaten Morowali segera mempersiapkan pembangunan pabrik semen.

Usulan pembangunan pabrik semen disampaikan Masykur sebagai ancang-ancang terkait respon atas pemanfaatan limbah slag atau terak baja.



Dikatakan, daerah harus ambil peran pada bagian itu apa pun ceritanya, sebelum jatuh ke pihak lain. Pemerintah Daerah harus dari sekarang menyiapkan tahapannya.

“Caranya kerja sama melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Gubernur dan Bupati segera duduk bersama memutuskan rencana itu,” katanya.

Masykur mengingatkan bahwa, jika bahan baku slag ini berhasil diubah dari limbah jadi bahan baku semen, tentu hal ini akan menambah satu cabang penerimaan daerah berbasis perusahaan daerah.

Apalagi kata Masykur, pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan akan mendekatkan pasar produk semen dari Sulteng. Akan banyak nilai ekonomi yang bisa diperoleh dari hasil pengolahan limbah slag.

Diketahui, paling kurang 10 juta ton limbah slag menumpuk hari ini di PT. Indonesia Mineral Industrial Park (IMIP). Produk limbah slag tersebut akan terus menumpuk hingga benar-benar bisa dimanfaatkan.

“Hingga saat ini belum bisa dimanfaatkan, karena masih dikategorikan sebagai Bahan Berbahaya dan Beracun (B3). Padahal sudah menahun adanya di produk raksasa nekel, PT. IMIP,” tutup Masykur. FUL/*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.