Lulusan SMK Sulteng Harus Bersertifikat LSK

2 min read
0
179

PALU, SULTENGNEWS.com – Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah, Khatijah Yahya menuturkan, jika Disdikbud Sulteng tengah mengupayakan di tahun 2018, sudah ada empat sekolah yang ditunjuk oleh pemerintah sebagai Tempat Ujian Kompetensi (TUK) yang berlisensi Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) yang diakui negara, masing-masing SMK Negeri 2 Palu, SMK Negeri 3 Palu, SMK Negeri 1 Luwuk, dan SMK Negeri 1 Tolitoli.

Hal ini bertujuan agar setiap lulusan SMK di Sulawesi Tengah diakui kompetensinya oleh negara dan semua perusahaan. Karena sertifikat kompetensi yang dimiliki oleh lulusan SMK di Sulawesi Tengah saat ini, masih dikeluarkan oleh perusahaan tempat mereka magang dan belum diakui oleh negara. Jika sertifakat seperti itu kata Khatijah digunakan saat melamar pekerjaan, perusahaan masih mempertimbangkan untuk menerima calon tenaga kerja itu, karena sertifikatnya belum berlisensi LSK. “Sudah saatnya lulusan SMK Sulawesi Tengah, mengantongi sertifikat berlisensi LSK,”kata Khatijah, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (20/11/2017).

Sertifikat berlisensi LSK itu kata Khatijah jauh lebih penting bagi perusahaan dibandingkan dengan Ijazah yang dikantongi oleh calon tenaga kerja. Karena kedepan, ijazah hanya dinilai sebagai pelengkap persyaratan calon pelamar kerja, yang paling utama adalah sertifikat yang berlisensi dari lembaga yang diakui Negara seperti LSK.

Namun sebaliknya kata Khatijah, jika lulusan SMK tidak memiliki sertifikat berlisensi LSK, maka lulusan SMK itu dinilai sama dengan lulusan SMA yang tidak memiliki kompetensi. Olehnya itu kata Khatijah, pihaknya saat ini terus mendorong pemerintah hal ini mendikbud untuk menunjuk sekolah yang telah ditawarkan itu sebagai tempat TUK yang berlisensi Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) yang diakui negara.

Agar lulusan SMK yang ada di Sulawesi Tengah ini tidak lagi disamakan dengan lulusan SMA. AMD

Load More Related Articles
Load More In Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Ketua Komisi IV DPRD Sulteng Pantau UNBK di Sigi

Keterangan Foto : Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Tengah  Hj. Zalzulmida A. Djanggo…