LPM Qalamun IAIN Palu Gelar Diskusi Lintas Agama

3 min read
0
225

Keterangan Foto :

Rektor IAIN Palu, Prof. Dr. Zainal Abidin, M.Ag saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka secara resmi dialog lintas agama yang diselenggrakan LPM Qalamun IAIN Palu. FOTO : FAHRUN/SN

PALU, SULTENGNEWS.com – Lembaga Pers Mahasiswa Qalamun Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, mengelar diskusi lintas agama bertempat di Auditorium Kampus IAIN Palu, Sabtu (16/12/2017).

Hadir sebagai narasumber diskusi ini adalah empat tokoh agama yang berbeda yakni Prof. Dr. Zainal Abidin dari agama Islam, Pendeta Dr. Alexander Rundunowo, M.Th dari perwakilan agama Kristen, I Ketut Suparlan, ST, MT perwakilan dari agama Hindu dan Sandra Rahma Bodhi, S.Ag perwakilan dari agama Budha.

Sebelum melakukan dialog, kegiatan ini sebelumnya dibuka langsung Rektor IAIN Palu, Prof. Dr. Zainal Abidin, M.Ag yang berpesan agar dialog – dialog antar agama selalu dilakukan untuk menjaga keutuhan bangsa dari ancama perpecahan.

Dialog ini mengangkat tema “Peran Pelajar dan Pemuda dalam Merekontruksi Paham Radikalisme Demi Mewujudkan Generasi Muda Yang Berjiwa Toleran”.

Ketua Panitia Kegiatan dialog Lintas agama, Riswandi yang ditemui diselah – selah kegiatan mengatakan, tujuan utama kegiatan dialog itu untuk menjaga toleransi antar umat beragama demi keutuhan bangsa dan negara dari bahaya radikalisme.

“Kita berharap dengan adanya dialog lintas agama ini, dapat mencegah kita dari ancaman perpecahan serta senantiasa  menjaga toleransi antar umat beragama,” katanya.

Menurut Riswandi, banyak media saat ini senantiasa memberikan pemahaman tentang radikalisme, namun tidak sesuai dengan devinisi radikalisme itu sendiri. Dia mencontohkan, seperti di ruang lingkup kampus dimana mereka mengadakan diskusi namun dianggap radikalisme.  Bahkan menyampaikan aspirasi saja, juga dianggap radikalisme.

“Namun dengan adanya kegiatan ini, kita berharap kepada para peserta maupun lapisan masyarakat dapat merubah pardigma mereka tentang radikalisme itu sendiri agar anak muda, khususnya para murid sekolah disemua tingkatan dapat menjadi pribadi yang berjiwa toleransi tinggi,” tutupnya. RUN

Load More Related Articles
Load More In Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Ketua Komisi IV DPRD Sulteng Pantau UNBK di Sigi

Keterangan Foto : Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Tengah  Hj. Zalzulmida A. Djanggo…