Longki Djanggola Akhiri Jabatan Ketua APPSI Dengan Baik

3 min read
0
421

Gubernur Sulteng, Longki Djanggola saat menyampaikan hasil – hasil kerja APPSI selama kepemimpinannya pada Musyawarah Nasional di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (26/11/2019). FOTO : IST

JAKARTA, SULTENGNEWS.COM – Warga Sulawesi Tengah (Sulteng) mungkin tak banyak yang tahu kalau Gubernur Sulteng Longki Djanggola adalah ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) sejak 12 Februari 2019.

Gubernur Sulteng ini ditunjuk sebagai ketua APPSI sementara pada Februani 2019, menggantikan ketua APPSI sebelumnya yakni Gubernur Jawa Timur Soekarwo yang berakhir masa jabatannya pada Februari 2019 lalu.




Longki sebelumnya menjabat Wakil Ketua Umum APPSI. Sesuai AD/ART, wakil ketua umum langsung menjadi ketua umum ketika ketua sebelumnya berakhir masa jabatan sebagai gubernur.

Serah-terima jabatan dari Soekarwo kepada Longki Djanggola berlangsung dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APPSI 2019 di Padang, Sumatera Barat yang berlangsung tiga hari yakni dari tanggal 20 sampai 22 Februari 2019 lalu.

Selama 10 bulan kepemimpinannya di APPSI, Longki Djanggola telah melaksanakan tugasnya dengan baik dan melaksanakan program – program kerja APPSI hingga kepemimpinannya berakhir pada tanggal 26 November setelah ketua APPSI baru terpilih.

Kini, APPSI dipimpin oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan setelah terpilih dalam muayawarah nasional (Munas) di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (26/11/2019).

Anies Baswedan akan menjabat sebagai Ketua Umum APPSI pada periode 2019-2023 mendatang.

Seperti diketahui, APPSI merupakan asosiasi koordinasi antarpemprov yang didirikan 6 Juni tahun 2000 di Jakarta.

Anggota APPSI adalah pemerintah provinsi yang diwakili oleh gubernur dari 34 wilayah provinsi di Indonesia.

Anies Baswedan terpilih setelah dua kali dilakukan pemungutan suara dalam Munas ke-VI APPSI.




Proses pungut suara dilakukan setelah musyawarah yang melibatkan 34 kepala daerah atau yang mewakili tidak mencapai mencapai titik temu.

Anies Baswedan mengalahkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan perolehan 13 berbanding 9 suara, sementara satu orang gubernur diketahui abstain. FUL

Load More Related Articles
Load More In Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Komunitas Pasien Cuci Darah Curhat ke Komisi IX DPR RI

Anggota Komisi IX DPR RI, Anwar Hafid saat berbincang dengan jurnalis sultengnews.com di k…