Lantik 42 Kades, Wabub Parimo Ingatkan Para Kades Hati-Hati Mengelola Dana Desa

9 min read
0
218

Suasana pelantikan 42 Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Parigi Moutong yang berlangsung di Aula Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sausu, Selasa (01/10/2019). FOTO : ABDUL RIFAI/SN

PARIGI MOUTONG, SULTENGNEWS.com – Wakil Bupati (Wabub) Parigi Moutong (Parimo), H. Badrun Ngai, SE melantik secara resmi 42 Kepala Desa (Kades) dengan rincian 40 hasil Pemilihan Kepala Desa serentak periode 2019 – 2024, periode 2020-2025 dan 2 Kades Pangganti Antar Waktu (PAW) periode 2015 – 2021.

Wakil Bupati (Wabub) Parigi Moutong, Hi. Badrun Nggai, SE saat memasang lencana kepada Kepala Desa (Kades) Aloo, Ade Tanjung usai pengambilan sumpah sebagai kades. FOTO : ABDUL RIFAI/SN

Pelantikan Kepala Desa Terpilih dan PAW Kepala Desa se – Kabupaten Parimo ini, dilaksanakan di Aula Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sausu, Selasa (01/10/2019).

Berdasarkan data dan Lampiran Surat Keputusan Bupati di Kecamatan Kasimbar 2 kades yakni Kades Kasimbar dan Kades Kasimbar Barat. Kecamatan Toribulu 3 kades yaitu Kades Tomoli Utara, Kades Toribulu Selatan dan Kades Sienjo.

Kecamatan Ampibabo 14 kades yaitu Kades Aloo, Kades Tombi, Kades Ampibabo Timur, Kades Sidole, Kades Tolole, Kades Tolole Raya, Kades Sidole Timur, Kades Paranggi, Kades Toga, Kades Tanampedagi, Kades Pangku, Kades Buranga, Kades Lemo Tengah dan Kades Sidole Barat.

Kecamatan Siniu 1 kades yakni Kades Towera. Kecamatan Parigi 4 kades yakni Kades Bambalemo Ranomaisi, Kades Olaya, Kades Pombalowo dan Kedes Lebo. Kecamatan Parigi Tengah 4 kades yakni Kades Petapa, Kades Olobaru, Kades Gangga dan Kepala Desa Dolago.

Kecamatan Parigi Barat 4 kades yaitu Kades Lobu Mandiri, Kades Air Panas, Kades Jonokalora dan Kades Baliara. Kecamatan Torue 2 kades yakni Kades Tanalanto dan Kades Purwosari. Kecamatan Balinggi 2 kades yakni Kades Suli dan Kades Tumpala Indah. Kecamatan Sausu 4 kades yakni Kades Sausu Auma, Kades Sausu Toono, Kades Sausu Pakareme dan Kadus Sausu Gandasari. Serta 2 Kades PAW masa 2015 – 2020 yakni Kades Posona Atas Kecamatan Kasimbar dan Kades Lambunu Utara Kecamatan Blano Lambunu .

Wakil Bupati (Wabub) Parigi Moutong, Hi. Badrun Nggai, SE saat memasang lencana kepada Kepala Desa (Kades) Tolole, Gunawan usai pengambilan sumpah sebagai kades. FOTO : ABDUL RIFAI/SN

Wabub Parigi Moutong, Hi. Badrun Nggai, SE dalam sambutannya usai melantik para kades menyampaikan agar semua yang telah dilantik tidak mengecewakan masyarakat yang telah memberikan amanahnya.

“Saya berharap amanah yang telah dibebankan kepada saudara, kiranya dapat dijaga dengan baik jangan sampai mengecewakan masyarakat,” ujar Wabub.

Wabup juga menyampaikan bahwa sebelumnya telah dilaksanakan pelantikan Kades dari Kecamatan Maotung hingga Kecamatan Tinombo Selatan yang dilaksanakan di Desa Bobalo Kecamatan Palasa.

Wabub menyampaikan bahwa jabatan adalah titipan Allah SWT, maka harus dijaga dengan baik. Karena itu, Wabub meminta kepada semua kades yang telah dilantik harus benar-benar melaksanakan tugas dengan penuh keikhlasan dan penuh kesabaran, karena kades adalah tongkat estafet perpanjangan tangan pemerintah kabupaten, dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati.

Wabub juga menitip pesan, agar para kades berhati-hati dalam mengelolah Dana Desa (DD), sebab banyak orang memilih menjadi kades karena tergiur adanya DD yang dikucurkan Pemerintah Pusat dengan nilai mencapai miliaran rupiah perdesa.

“Insya Allah Kepala Desa yang dilantik ini, tidak seperti itu pemikiranya. Saya minta tolong kepada ibu-ibu istrinya Kepala Desa, awasi suaminya supaya tidak tergelincir ke hal-hal yang tidak diinginkan bersama,“ pesan Wabub.

Wabup juga mengingatkan agar jangan main-main dengan DD. Sebab jika ada masalah di desa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan turun bersama Inpektorat. Jika ada penyelewengan, maka para Kades yang akan bertanggungjawab dan mengembalikan. Kalau tidak dapat dikembalikan, maka akan diteruskan ke polisi atau kejaksaan, karena dalam penggunaan DD para Kades diawasi oleh Pemerintah Daerah, Inpektorat, Kejaksaan dan Kopolisian. Lebih-lebih lagi di awasi oleh Allah SWT.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Parigi Moutong Fit, S.STP dalam penyampaiannya diselah waktu istirahat mengatakan, Kades yang baru dilantik agar dapat menjaga suasana politik di desa, sehingga tercipta suasana kondusif dan menjalin silaturahim karena keberhasilan suatu desa ditentukan oleh kerjasama antara masyarakat dan pemerintahnya.

“Omong kosong pemerintahnya bisa berhasil kalau program-programnya tidak didukung oleh masyarakatnya. Sehebat apapun kadesnya, sebagus apapun programnya tanpa didukung oleh masyarakat maka tidak akan pernah berhasil. Untuk itu, rajut kembali silaturrahim,” pesannya.

Dia juga mengajak para kades untuk bersama-sama memperkenalkan Kabupaten Parigi Mutong lewat festifal-festifal di desa masing-masing lewat kearifan lokal dengan melihat potensi-potensi desa termaksud menyampaikan kepada ibu-ibu PKK untuk menjadi motivator.

“Ayo mari kita bangun desa kita, mari kita majukan desa kita. Insyah Allah kalau Desa kita maju pasti Kabupaten Parigi Moutong akan maju,“ tutupnya.

Semua kades yang dilantik menyampaikan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya kepada masyarakat atas dukungan serta amanah yang diberikan kepada mereke.

“Saya berterima kasih kepada semua masyarakat Desa Tolole yang sudah memberikan amanah ini kepada saya serta mendukung penuh rencana program-program yang akan saya laksanakan selanjutnya. Salah satunya program prioritas saya yaitu dibidang parawisata, karena itu adalah aset desa serta bisa dikerjakan bersama-sama masyarakat,” ujar Kades Tolole, Gunawan.

Menurutnya, Desa Tolole memiliki wisata permandian air panas yang bisa dikembangkan.

Hal yang sama juga disampaikan Kades Aloo, Ade Tanjung. Dia mengaku salah satu program unggulannya yaitu menjadikan Desa Aloo menjadi destinasi Wisata.

“Dengan terlantiknya saya jadi kades. Insya Allah Desa Aloo itu akan bisa maju dari segi wisata dan kita sudah menetapkan sebagai desa pelangi yang bisa bertahan sampai beberapa tahun kedepan dan itu akan berkelanjutan. Saya juga mengharapkan seluruh masyarakat Desa Aloo untuk membantu saya dalam melaksanakan program-program yang berkaitan dengan kemajuan dalam bidang ekonomi, pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan baik langsung maupun tidak langsung,” harapnya.

Mohammad Rizal, Kepala Desa Paranggi yang juga menyampaikan harapannya tentang terwujutnya visi misinya kedepan “Atas dukungan masyarakat untuk menjalankan program-program yang sesuai dengan visi dan misi saya kedepan. Insya Allah akan terlaksana dengan baik,” tuturnya. FIK

Load More Related Articles
Load More In Daerah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Wakil Bupati Resmi Buka MTQ Tingkat Kecamatan Ampibabo

Wakil Bupati Parigi Moutong, Badrun Nggai saat membuka secara resmi pelaksanaan MTQ Tingka…