KPU Sigi Gelar Uji Publik Penetapan Dapil dan Alokasi Kursi Dewan

3 min read
0
182

Keterangan Foto :

Suasana Rapat Koordinasi (Rakor) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sigi uji publik penetapan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD Kabupaten Sigi tahun 2019. FOTO : IST

SIGI, SULTENGNEWS.com –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sigi menggelar rapat koordinasi (rakor) uji publik penetapan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD Kabupaten Sigi tahun 2019, di salah satu hotel Kota Palu, Selasa 13 Februari 2018.

Kegiatan yang mengusung tema mewujudkan penataan dapil yang proporsional, berkesinambungan, berintegritas dan berkeadilan tersebut, dibuka langsung Ketua KPU Sigi, Nuzul SH, dan dihadiri oleh sejumlah partisan partai dan juga para camat se Kabupaten Sigi.

Berdasarkan peraturan KPU nomor 16 tahun 2017 tentang penataan dapil dan alokasi kursi di dewan dalam pemiihan umum dan peraturan KPU nomor 5 tahun 2018 tentang perubahan atas peraturan KPU nomor 7 tahun 2017 tentang tahapan, jadwal dan penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2019, serta berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan berbagai pihak, maka KPU Sigi mengumumkan dua draf yang merupakan hasil pemetaan dapil di Kabupaten Sigi, yakni draf pertama terdapat 5 dapil. Dan draf kedua terdapat 6 dapil.

Draf pertama, terdiri dari lima dapil yaitu, Kecamatan Biromaru, Gumbasa dan Tanambulava, dapil dua terdiri dari Kecamatan Palolo dan Nokilalaki. Selanjutnya, dapil tiga terdapat Kecamatan Kulawi, Kulawi Selatan dan Pipikoro. Berikutnya dapil empat terdiri dari Kecamatan Dolo, Kecamatan Dolo Selatan, dan Kecamatan Dolo Barat, serta yang terakhir adalah dapil lima terdiri dari Marawola, Marawola Barat dan Kinovaro, dengan total perolehan kursi sebanyak 300 kursi.

Sedangkan draf kedua terdapat ada sebanyak enam dapil, yakni dapil satu Kecamatan Biromaru, dapil dua terdiri dari Nokilalaki dan Palolo, dapil tiga terdapat Kecamatan Lindu, Kecamatan Kulawi, dan Kecamatan Kulawi Selatan serta Pipikoro. Selanjutnya dapil empat terdiri dari Kecamatan Dolo Selatan Gumbasa, dan Kecamatan Tanambulava. Berikutnya dapil lima terdiri dari Kecamatan Dolo dan Dolo Barat, sedangkan dapil yang terakhir terdapat ada tiga kecamatan, yakni Kecamatan Marawola, Konovaro dan Kecamatan Marawola Barat, dengan total 30 kursi. URY

 

Load More Related Articles
Load More In Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Gerindra Dituding Ulur – Ulur Pengisian Jabatan Wagub

PALU, SULTENGNEWS.com – Pengisian Jabatan Wakil Gubernur (Wagub) Sulteng yang ditinggalkan…