KPU Palu Resmi Launching Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Palu

5 min read
0
216

Ketua KPU Palu, Agussalim Wahid bersama komisional KPU Kota Palu, ketua Bawaslu Kota Palu Ivan Yudharta serta para undangan lainnya saat memencet tombol tanda lauching pemilihan Walikota Palu dan Wakil Walikota Palu tahun 2020 mendatang. FOTO : MAHFUL/SN

PALU, SULTENGNEWS.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Palu, resmi melaksanakan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Palu tahun 2020, dengan melakukan launching pemilihan Walikota dan Wakil Walikota di Lapangan Vatulemo Jumat malam (8/11/2019).




Kegiatan launching diawali dengan ceramah maulid Nabi Besar Muhammad SAW oleh da’i dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palu. Setelah itu, dilanjutkan sambutan ketua KPUD Kota Palu Agussalim Wahid.

Dalam sambutannya, Agussalim Wahid menyampaikan, tahapan Pilkada sudah dimulai. Artinya, genderang Pilkada sudah dimulai, sehingga genderang ini harus ditabuh sekeras-kerasnya, sehingga dapat diketahui oleh semua warga Kota Palu secara masif.

Suasana lauching setelah tombol dipencet tanda lauching. FOTO : MAHFUL/SN

“KPU akan melakukan sosialisasi secara masif dan melakukan pendidikan pemilih kepala warga Kota Palu. Kami akan berusaha semaksimal mungkin, sehingga pada pelaksanaan Pilkada Kota Palu tahun 2020 partisipasi pemilih bisa meningkat,” ujar Agussalim Wahid dalam sambutannya.

Terkait dengan pelaksanaan pemilihan, Agussalim menyampaikan bahwa suksesnya Pilkada bukan hanya dilihat dari partisipasi masyarakat mendatangi TPS, tapi bagaimana partisipasi dari seluruh warga Kota Palu mengikuti seluruh rangkaian pemilihan mulai dari memastikan dirinya terdaftar di DPT, menelusuri rekam jejak calonnya sehingga bisa menjadi referensi untuk memilih, serta memastikan agar tidak terjadi kecurangan-kecurangan di TPS.

“Dengan hadirnya seluruh masyarakat Kota Palu yang berpartisipasi dari awal hingga akhir, tentunya sangat membantu dalam hal peningkatan partisipasi pemilih. Inilah partisipasi yang kami harapkan dari KPU Kota Palu,” ujarnya.

Belajar dari pemilihan sebelumnya kata Agussalim, pelaksanaan pemilihan walikota meskipun secara grafik menunjukan tren penurunan secara nasional, tapi khusus pemilihan Walikota Palu memiliki tren yang baik.

“Kita memberikan perbandingan Pilkada Kota Palu tahun 2010 dan 2015. Pada tahun 2010 partisipasi pemilih berada pada angka 59,6 persen. Sementara tahun 2015 berada pada angka 61,17 persen atau naik 1,4 persen,” terangnya.

Olehnya lanjut Agussalim, KPU Kota Palu memiliki pekerjaan rumah untuk terus meningkatkan partisipasi pemilih, tentunya dengan mengikuti tren angka Pemilu 2019 yakni berada pada angka 86 persen. Jika semua berpartisipasi, tentu itu bisa dicapai.




Menurut Agussalim, pemilihan merupakan moment yang luar biasa karena dibukanya perang. Tentu saja perang yang dimaksud adalah perang strategi dan perang visi – misi, karena KPU sangat berharap semua kontestan bisa menciptakan demokrasi yang sehat, sehingga bisa melahirkan pemilihan yang berkualitas.

“KPU juga berharap pada Pilkada, tidak seperti Pemilu yang terlalu banyak berita hoax sehingga bisa menimbulkan perpecahan. Masyarakat harus saling menghargai, karena perbedaan merupakan suatu rahmat. Seperti musik yang ketika dimainkan akan menjadi irama yang sangat indah didengar. Karena itu kita berharap masyarakat Kota Palu tidak lagi terpancing dengan isu-isu yang tidak benar,” harapnya.

Setelah sambutan ketua KPUD Kota Palu, acara lalu dilanjutkan dengan launcing yang ditandai dengan penekanan tombol serene sebagai tanda launcing Pilkada sudah dimulai.

Launching pemilihan Walikota dan Wakil Walikota itu, juga dihadiri Kapolres Palu, para ketua dan anggota KPUD Donggala, ketua dan anggota KPUD Sigi, ketua dan anggota KPUD Parigi Moutong, ketua dan anggota KPUD Morowali Utara, perwakilan Partai Politik, Anggota DPRD Kota Palu dan Komisioner KPUD Provinsi Sulteng. FUL

Load More Related Articles
Load More In Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

KPU Palu Sosialisasi Pilkada di Tawaeli

Ketua KPU Palu Agussalim Wahid saat menyampaikan sambutan pada sosialisasi tahapan Pilkada…