Home Politik KPU Palu Matangkan Persiapan Verifikasi Faktual Parpol

KPU Palu Matangkan Persiapan Verifikasi Faktual Parpol

2 min read
0
59

Ket Foto :

Komisioner KPU Palu, Agussalim Wahid saat memberikan arahan dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) para verifikator yang akan bertugas melakukan verifikasi faktual mulai 15 Desember sampai 4 Januari 2018 mendatang. FOTO : MAHFUL HARUNA

PALU, SULTENGNEWS.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, terus mematangkan persiapan verifikasi faktual Partai Politik (Parpol) calon peserta Pemilu 2019 dengan melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi tenaga verifikator.

Komisioner devisi SDM dan Sosialisasi KPU Palu, Halima kepada sejumlah wartawan mengatakan, Bimtek tenaga verifikator itu bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para tim agar memahami cara kerja, teknis pelaksanaan dan item – item yang akan diverifikasi secara faktual.

“Tenaga verifikasi faktual ini, terdiri dari internal KPU dan eksternal yang kami rekrut sebanyak empat orang untuk membantu pelaksanaan verifikasi faktual,” ujar Halima diselah – selah pelaksanaan Bimtek, Selasa (5/12/2017).
Dikatakan, jumlah tenaga verifikator secara keseluruhan akan disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan. Pihaknya mengaku, akan melihat dulu beberapa staf sekretariat KPU yang memiliki kerja – kerja yang luang, sehingga bisa dilibatkan secara full dalam proses verifikasi faktual.

Dia menambahkan, untuk waktu kerja verifikasi faktual akan dimulai pada 15 Desember 2017 sampai 4 Januari 2018 mendatang.

“Saya harap para pengurus Parpol agar bisa stan by menghadapi verifikasi, sehingga prosesnya bisa berjalan sesuai jadwal yang ditetapkan,” harapnya.

Terkait item – item yang akan di faktual diantarnya keanggotaan, kepengurusan, kantor dan keterwakilan 30 persen perempuan dalam kepengutusan. Namun untuk keanggotaan, selama belum ada keputusan Mahkamah Konstitusi (MK), KPU akan melakukan verifikasi faktual parpol – parpol baru dulu. Jika keputusan MK mengharuskan semua Parpol harus di faktual keanggotaannya, barulah KPU melakukan verifikasi faktual keanggotaan semua parpol. FUL

Load More Related Articles
Load More In Politik

Check Also

Gerindra Keluhkan Pengurangan Jumlah Penduduk Kota Palu

Keterangan Foto : Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan da…