KPU Palu Launching Media Center dan Website Untuk Sosialisasi Pilkada

5 min read
0
148

Komisioner KPU Sulteng, Halima saat menggunting pita sebagai tanda diresmikannya media center Pilkada KPU Palu. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, melakukan lauching Media Center dan Website untuk memasifkan sosialisasi Pilkada Kota Palu tahun 2020 mendatang di Kantor KPU Palu, Rabu (4/12/2019).

Media Center Pilkada itu, terletak disisi kiri gedung KPU dengan ukuran 8 meter persegi dan dilengkapi sarana prasarana lainnya seperti meja dan kursi.




Dengan adanya Media Center ini, 21 media massa yang bermitra dengan KPU Palu untuk melakukan sosialisasi media, lebih mudah menyampaikan informasi tahapan demi tahapan pelaksanaan Pilkada kepada masyarakat.

Ketua KPU Palu, Agussalim Wahid dalam kesempatan itu mengatakan, KPU Palu sangat berharap peran serta media dalam membantu menyebar luaskan informasi tahapan Pilkada serta menangkal penyebaran hoax.

“Kami menyadari betul peran strategis media dalam pelaksanaan Pilkada tahun 2020 mendatang, sehingga kami sangat berharap peran serta dari teman – teman media,” kata Agussalim Wahid.

Menurutnya, peran media dalam menyampaikan informasi pilkada, sejauh ini mendapat respon baik publik dan para calon yang ingin mendaftar sebagai peserta pilkada. Bahkan ada masyarakat yang mengontak langsung para komisioner setelah mendapat informasi dari media.

Dia berharap, media center nantinya diharap menjadi wahana desiminasi informasi publik yang berkaitan dengan Pilkada Kota Palu tahun 2020 mendatang.

Agussalim menambahkan, keberadaan media center dan website resmi KPU Palu akan menyempurnakan fungsi Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang sebelumnya telah menjadi wahana informasi KPU tentang segala hal kepemiluan.

“Media center dan RPP ini, akan menjaga keseimbangan informasi Pilkada 2020. Kalau di RPP kami menyiapkan info grafis tentang kepemiluan, kalau di media center berkaitan tahapan Pilkada,”terangnya.

Agussalim berharap, dengan adanya media center itu, kerja-kerja jurnalistik bisa terbantu dalam proses penyebarluasan informasi kepemiluan dan secara khusus Pilkada Kota Palu tahun 2020 mendatang.

Media center juga diharapkan menjadi sarana komunikasi massa serta menciptakan ruang dialegtika, karena juga terbuka bagi masyarakat yang ingin datang berkunjung ke media center itu.

“Melalui media center ini, kami berharap masyarakat juga bisa datang langsung untuk mengetahui informasi tahapan Pilkada secara utuh, sehingga terhindar dari informasi – informasi hoax,” katanya.

Agussalin menambahkan, KPU Palu akan berusaha sekuat tenaga agar pemilihan kepala daerah nantinya berintegritas, sehingga dibutuhkan keterlibatan seluruh stakeholder terkait.

“KPU akan terus berbenah untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan internal maupun ekternal, sehingga demokrasi kita berjalan sesuai harapan,” harapnya.

Agussalim kembali menyampaikan prosentasi partisipasi pemilih pada Pilkada Kota Palu. Pada Pilkada tahun 2010, persentase partisipasi itu berada pada angka 59,56 persen. Tahun 2015 naik menjadi 61,17 persen dan pada Pemilu tahun 2019 naik lagi menjadi 86 persen.

“Target kita pada Pilkada tahun 2020 nanti, partisipasi ini bisa naik. Atau paling tidak kita pertahankan pada angak 86 persen,” tandasnya.

Sementara Komisioner KPU Sulteng, Halima yang hadir dalam kegiatan itu mengatakan, KPU Palu pada pemilu-pemilu sebelumnya memang telah menjalin kerjasama yang baik dengan media massa.




“Media itu adalah mata dan telingan KPU untuk mengetahui semua hal tentang seluruh persoalan yang terjadi di lapangan,”sebut Halima.

Menurutnya, dengan adanya keterlibatan media dalam mengawal tahapan Pilkada, dapat memberikan informasi yang benar dan akurat kepada masyarakat, karena dapat dipertanggungjawabkan.

“Opini publik biasanya terbentuk dari opini pribadi – pribadi masyarakat. Pada sisi inilah peran media agar dapat menghindarkan masyarakat dari kabar hoax,” katanya. FUL

Load More Related Articles
Load More In Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Lauching Pilkada Sulteng Dilaksanakan 15 Desember 2019

PALU, SULTENGNEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulten…