Kontak Senjata Terjadi Kala Evakuasi Warga di Tembagapura

3 min read
0
95

SULTENGNEWS.com – Satgas Penanggulangan KKB gabungan aparat polisi dan TNI berhasil melakukan evakuasi ratusan warga sipil di Kampung Kimbely, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, Jumat (17/11/2017).

Berdasarkan informasi yang diterima dalam proses evakuasi warga itu terjadi kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang disebut mengisolasi warga di kampung Kimbely dan Banti, Distrik Tembagapura.

“Saat evakuasi sempat terjadi kontak senjata namun ada yang terluka baik dari aparat maupun warga,” kata Kapolda Papua Inspektur Jenderal Boy Rafli seperti dikutip dari Antara, Jumat (17/11).

Dari informasi yang dilanjutkan Kabiro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Rikwanto, evakuasi itu dimulai dari pukul 09.30 WIT.

“Proses evakuasi sandera berjalan sampai pukul 12.00 WIT. Namun, terjadi penembakan oleh pihak KKB. Prses evakuasi tetap berjalan secara bertahap,” ujar Rikwanto.

Dari pendataan sementara, Boy mengatakan jumlah warga sipil yang berhasil diveakuasi adalah 346 orang yang didalamnya terdapat 23 anak.

Sebelum proses evakuasi, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George Elnadus Supit yang juga berada di lokasi bersama Boy dan Asisten Operasi Kapolri, M Iriawan mengatakan transportasi yang disiapkan untuk mengangkut warga tak bisa diberdayakan. Hal itu akibat sejumlah titik jalan yang telah dirusak oleh KKB menggunakan alat berat.

Akhirnya Warga dievakuasi itu lalu dibawa berjalan kaki secara bertahap dengan jarak sekitar empat jam dari titik ke Mapolsek Tembagapura untuk diangkut ke Sport Hall mile 66. Ia mengatakan selanjutnya mereka akan dibawa ke ibukota kabupaten Mimika, Timika.

“Kita sudah bertemu dengan mereka [warga], dan kita lihat sendiri kondisi mereka sangat gembira menyambut kita,” kata George.

“Operasi pembebasan yang dilaksanakan gabungan antara TNI dan POlri semuanya bisa dilakukan dengan lancar, dan berhasil. Dan, tidak ada satu masyarakat pun yang menjadi korban.

Sumber: CNN Indonesia

Load More Related Articles
Load More In Hukum & Kriminal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Lagi, Polres Palu Ringkus Pengedar Shabu – Shabu

Keterangan Foto : Para pelaku pengedar Shabu – Shabu yang berhasil diringkus Sat Reskrim P…