KI Sulteng, Targetkan Award Keterbukaan Informasi Tingkat Nasional

3 min read
0
609

Keterangan Foto :

Komisi Informasi (KI) Provinsi Sulawesi Tengah periode 2017-2021 saat bersilaturahmi dengan Gubernur Sulteng, Longki Djanggola, beberapa waktu yang lalu. FOTO : DOK. KOMISI INFORMASI SULTENG 

PALU, SULTENGNEWS.com – Komisi Informasi (KI) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) periode 2017-2021 menargetkan meraih penghargaan atau award keterbukaan informasi tingkat nasional.

Hal itu dikemukakan Ketua KI Sulteng, Irfan Denny Pontoh saat ditemui wartawan di ruang kerjanya belum lama ini. Untuk mencapai target tersebut, KI Sulteng telah membentuk  Jaringan Kerja Masyarakat Informasi (JKMI) yang diketuai oleh Moh. Faizal Rani (Ibel).

“Award Keterbukaan Informasi Tingkat Nasional, merupakan penghargaan tertinggi di tanah air. Ini tiap tahun diberikan kepada kepala daerah oleh Presiden di Istana Negara. Untuk mencapai target tersebut, seluruh Komisioner KI Sulteng telah bersepakat untuk menggalang semua potensi dari orang-perorang maupun kelompok,”ujarnya.

“Terkait penggalangan potensi tersebut, kami sudah membentuk jaringan kerja masyarakat informasi yang nantinya menjadi mitra strategis KI Sulteng untuk bersama-sama mendorong keterbukaan informasi di Sulteng,” ujarnya lagi.

Menurut Irfan Denny Pontoh, target meraih award keterbukaan informasi telah disepakati dan disetujui oleh Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola. Berdasarkan pertemuan antara KI dan Gubernur Sulteng beberapa waktu yang lalu, terdapat tiga poin penting yang menjadi kesepakatan bersama. Tiga poin tersebut yakni gubernur akan mengeluarkan surat edaran kepada seluruh Kepala Daerah Kabupaten/Kota untuk membentuk lembaga KI di setiap Kabupaten/Kota se-Sulteng. Kemudian gubernur juga meminta agar seluruh jajaran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)  Pemprov Sulteng untuk secara aktif melibatkan Komisi Informasi dalam setiap kegiatannya. Kesepakatan selanjutnya adalah gubernur sepenuhnya mendukung agenda keterbukaan informasi dan meminta agar tupoksi dan kewenangan KI dijalankan dalam perspektif Sulawesi Tengah yang maju, mandiri dan berdaya saing.

“Komitmen ini mencerminkan kesungguhan beliau untuk mewujudkan target kelembagaan KI Sulteng 2017-2021 yakni Sulteng Menuju Award Keterbukaan Informasi tingkat Nasional 2019/2020,”ujar Irfan.

Irfan Denny Pontoh yang dipercaya memimpin KI Sulteng sejak 12 Desember 2017 yang lalu telah menyusun rencana strategis (Renstra)  dan program kerja KI Sulteng. Dalam renstra tersebut, setidaknya ada 28 program dan kebijakan yang disusun selama periode 2017-2021. IJR

Load More Related Articles
Load More In Sulteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Masykur Usulkan Pemda Segera Bangun Pabrik Semen di Morowali

PALU, SULTENGNEWS.com – Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Provinsi (Deprov) Sulawesi T…