Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli Laksanakan Tiga Program

3 min read
0
919

Keteranga Foto :

Camat Baolan Dahri D Min’un

TOLITOLI, SULTENGNEWS.com – Kantor Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli melaksanakan tiga program kegiatan yang menjadi prinsip di kecamatan, yakni Bidang Pemerintahan, Pembangunan dan Pembinaan Kemasyarakatan.

Camat Baolan Dahri D Min’un SE mengatakan, selain menlanjutkan program dari camat yang sebelumnya mejabat, kini pihaknya juga telah melaksanakan sebagian program kegiatan untuk bidang pemerintahan kini telah di lakukan pembinaan-pembinaan yang berkaitan dengan desa dan kelurahan.

“Apabila ada permasalan selalu berkaitan dengan perdata, maka kami meninjau langsung tempat tersebut serta mengumpulkan masyarakat setempat untuk di berikan pembinaan. Jadi kami hanya melihat titik permasalahan, biasanya di kelurahan seperti Kelurahan Baru, Kelurahan Sidoarjo dan Kelurahan Nalu, untuk desa yakni Desa Dadakitan setelah mendapatkan permasalahannya pada masyarakat setempat, maka kami melakukan rapat lintas sektor di kantor camat dengan mengundang pihak Badan Pertanahan untuk membantu menemukan solusinya,” jelanya pada Media sultengnews belum lama ini.

Dikatakan, apabila dalam permasalan itu solusinya telah di temukan maka pihaknya menjadi pengadilan untuk mendamaikan setiap masyarakat di desa maupun kelurahan.

Apabila sepakat dengan solusi tersebut maka pihaknya membuatkan berita acara terkait permasalan tersebut dan bila tidak di setujui maka akan berlanjut kepengadilan.

Dia menambahkan, untuk pembangunan menuju visi misi Bupati Tolitoli untuk percepatan pembangunan, Masyarakat Kabupaten Tolitoli yang Sejahtera Kreatif, Adil dan Rigius, semuanya dari visi misi masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan akan dilihat apa skala prioritas masing-masing OPD tersebut misalnya, di kelurahan tersebut belum memiliki Pustu maka diprioritaskan dan dibantu dengan mengusulkan melalui kecamatan setelah itu lanjut ke Musrembang tingkat Kecamatan, tetapi semuanya akan dibantu sesuai dengan kemampuan dana pemerintah.

“untuk pembinaan kemasyarakatan yakni menyankut 3 K yaitu, Ketertiban, Ketentraman dan kebersihan untuk hal tersebut tidak harus melibatkan istansi terkait, semua menjadi tanggung jawab masyarakat Kabupaten Tolitoli, baik OPD maupun masyarakat biasa. Jadi diharapkan agar budaya bersih itu bisa tertanam pada warga masing-masing Indonesia yang ada di kecamatan, sehingga pihaknya melakukan pendekatan di setiap kelurahan dalam hal kebersihan agar bisa memicu pada warga masing-masing OPD,” tutupnya. NUR

Load More Related Articles
Load More In Opini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Kakao, Primadona Sulteng Yang Semakin Ditinggalkan Petaninya

Kakao, siapa yang tidak kenal dengan buah satu ini? Buah yang selain nikmat tapi juga kaya…