Kapolda Minta HPA Aktif Lawan Hoax, Narkoba dan Intoleran

6 min read
0
243

Keterangan Foto :

Kapolda Sulteng Brigjen Polisi I Ketut Argawa menerima pengurus Wilayah HPA Sulteng dengan hangan di ruang kerjanya, Kamis (29/3/2018). FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.com – Kapolda Sulteng Brigjen Polisi I Ketut Argawa meminta pengurus Himpunan Pemuda Alkhairaat (HPA) berperan aktif melawan Hoax, Narkoba dan tindakan Intoleran yang dapat memecah belah bangsa dan merusak generasi muda.

“Kita berharap, peran dari Pemuda Alkhairaat untuk bisa menjadi mitra Polri melawan Hoax, Narkoba dan Intoleran serta bersama – sama membangun generasi muda,” ujar Brigjen Polisi I Ketut Argawa di ruang kerjanya, Kamis (29/3/2018).

Kapolda Sulteng Brigjen Polisi I Ketut Argawa. FOTO : IST

Dikatakan, saat ini banyak isu – isu yang dapat menimbulkan konflik sosial ditengah masyarakat serta mengancam keutuhan bangsa dan negara. Namun setelah ditelusuri, ternyata isu – isu tersebut hanyalah Hoax. Kapolda mencontohkan misalnya ditingkat nasional muncul isu kebangkitan PKI (Partai Komunis Indonesia) yang setelah ditelusuri belum terbukti ada faktanya di lapangan.

“Walaupun isu kebangkitan PKI tidak terlalu marak di Sulteng, namun kita patut waspada karena bisa jadi itu dapat menimbulkan konflik sosial,” ujar orang nomor satu di Polda Sulteng ini.

Masalah Narkoba, kini juga tengah menjadi prioritas Polda Sulteng untuk segera diberantas demi menyelamatkan generasi muda Sulteng dari ancaman barang haram itu. Kapolda menyampaikan bahwa peredaran Narkoba cukup tinggi di Sulteng, karena itu butuh bantuan dan peran dari semua pihak untuk memberantas peredaran barang haram itu.

“Setelah dilantik, saya langsung deklarasi berantas Narkoba. Bagitu saya deklarasi, bisa dilihat semua Polres melakukan penungungkapan seperti peningkatan barang bukti dan peningkatan modus. Ini menunjukan bahwa Narkoba masih mengancam Sulteng,” tegas Jenderal Bintang Satu ini.

Ketua Wilayah HPA Sulteng, Dedi Irawan saat memberikan Surat Keputusan (SK) yang didalamnya Kapolda sebagai Dewan Pembina di HPA. FOTO : IST

Kapolda bahkan menantang HPA untuk melakukan tindakan nyata melawan Narkoba ini seperti membuat kawasan – kawasan bebas Narkoba.

“Saya harap Pemuda Alkhairaat ini bisa membuat semacam kawasan bebas Narkoba,” tantang Kapolda.

Terkait masalah Keamanan dan Ketertiban masyarakat, Kapolda menekankan pentingnya tolerasi antar umat beragama, antar suku dan antar golongan, sehingga kerukunan yang saat itu telah terbangun di Sulteng terus dapat dipertahankan.

“Kalau bisa, kita jadikan Sulteng sebagai contoh kebinekaan di Indonesia dalam mewujudkan tolerasi, karena masyarakatnya sangat majemuk,” ujar Jenderal yang sebelumnya lama berkecimpung sebagai Intel Polda Sulteng ini.

Kapolda mengakui, rasa primordialisme masing – masing kelompok sangat tinggi di Sulteng. Namun pluralisme di daerah ini cukup bagus. Karakteristik masyarakatnya, sangat tempramen dan mudah sekali tersinggung. Akan tetapi kata Kapolda, itu hanya individu – individunya saja.

“Dulu konflik – konflik masyarakat memang tinggi di Sulteng, namun sekarang sudah mulai menurun,” tegasnya.

Kapolda meminta kepada semua pihak khususnya HPA, agar membantu Polri dalam melawan Hoax, memberantas narkoba dan menciptakan teleransi ditengah masyarakat. Sebab, jika hal itu diserakan semua ke Polri, yakin saja polri tidak akan bisa sendirinya melawannya.

“Tugas pokok Polri adalah melindungi dan mengayomi masyarakat, serta melakukan penegakkan hukum. Karena itu, mengenai isu – isu Hoax, Narkoba dan Intolera butuh bantuan dari semua pihak salah satunya HPA,” tegas Kapolda.

Kapolda bersama pengurus Wilayah HPA Sulteng foto bersama usai berbincang – bincang dengan Kapolda terkait berbagai permasalahan yang terjadi di Sulteng. FOTO : IST

Ketua Wilayah HPA Sulteng, Dedi Irawan menyampaikan kepada Kapolda bahwa tiga hal yang disampaikan yakni Hoax, Narkoba dan Toleransi akan menjadi aganda utama HPA dalam periode kepengurusannya saat ini.

“Apa yang disampaikan pak Jenderal, akan menjadi program kerja dari kepengurusan HPA diperiode ini. Karena itu, kita sangat berharap nasehat – nasehat dari Jenderal untuk kepengurusan HPA kali ini,” kata Aktivis Sulteng ini.

Dedi menyampaikan bahwa HPA akan melakukan peran – peran nyata melawan Hoax di dunia sosial, melakukan kampanye melawan Narkoba serta membangun toleransi ditengah – tengah masyarakat.

“Kami pengurus HPA Sulteng, akan terus membangun kemitraan dengan Polri dalam melawan Hoax, Narkoba dan tindakan Intoleran yang dapat menimbulkan konflik dan memecah belah masyarakat,” tegas aktivis muda yang enerjik ini. FUL

Load More Related Articles
Load More In Sulteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Pemprov Sulteng Bersama Lebah Madu Gelar CCM Saat HUT Sulteng

Keterangan Foto : Suasana diskusi bersama antara Direktur Lembah Madu sebagai Ivent Organi…