Jurusan Perkantoran di SMK Akan Dievaluasi

2 min read
0
362

PALU, SULTENGNEWS.com –  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulteng, Irwan Lahace menuturkan, jika jurusan Perkantoran di SMK saat ini sudah saatnya untuk dievalusai, meskipun jurusan ini banyak peminatnya.

Menurutnya, sudah saatnya SMK tidak membuka jurusan yang hanya berdasarkan jumlah peminat, namun membuka jurusan yang sesuai dengan kebutuhan pangsa pasar, agar lulusan SMK itu, dapat terserap secara optimal dalam dunia usaha atau industri, serta tidak melahirkan pengangguran intelektual.

“Saya sangat menekan, kita membuka jurusan begitu banyak, yang tidak sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja. Macam jurusan perkantoran, saya kira bukan lagi masanya kita untuk membuka jurusan ini, hanya karena banyak anak-anak yang mendaftar,” ujar Irwan, usai mengisi kegiatan di salah satu hotel di Kota Palu, Jumat 24 November 2017.

Olehnya, Irwan mendorong agar SMK di Sulteng dapat menjadikan kearifan dan potensi lokal daerah, sebagai pertimbangan dalam membuka jurusan ke depannya. Ia mencontohkan, Sulteng memiliki garis pantai yang panjang, serta potensi pertambangan yang cukup besar. Maka jurusan-jurusan yang sesuai dengan potensi tersebut lah, yang mestinya diutamakan untuk dibuka.

“Kita ini kan daerah pertambangan, maka buka jurusan-jurusan yang sesuai dengan itu. Kita juga memiliki garis pantai yang sangat panjang, mungkin ini kearifan lokal yang bisa kita dorong, misalnya dalam bidang kelautan dan pertanian,” tutupnya. AMD

Load More Related Articles
Load More In Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Sambuat Tahun Baru Islam, TK Aisyiyah 1 Baolan Zikir Bersama

TOLITOLI, SULTENGNEWS.com – Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Tahun Baru Islam,…