Jokowi Berkunjung ke India

3 min read
0
166

Keterangan Foto :

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana disambut Presiden India Pranab Mukherjee, dan Perdana Menteri India Narendra Modi. FOTO : IST

JAKARTA, SULTENGNEWS.com – Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke India dan beberapa negara Asia Selatan selaras dengan visi Poros Maritim Dunia.

Pengamat militer dan intelijen Susaningtyas NH Kertapati mengatakan, Indonesia sangat berkepentingan dengan Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.


Presiden Jokowi mengadakan pertemuan bilateral dengan PM India, Narendra Modi di Hotel Taj Diplomatic Enclave, New Delhi, India, Kamis 25 Januari 2018. Foto/Sekretariat Presiden.FOTO : IST

Menurut dia, sudah banyak kerja sama Indonesia dengan negara-negara di kawasan Samudera Pasifik. “Kini tiba saatnya perhatian Indonesia kepada negara-negara di kawasan Samudera Hindia,” kata wanita yang biasa disapa Nuning ini, Jumat (26/01/2018).

Dosen Universitas Pertahanan (Unhan) ini mengatakan, kebijakan luar negeri Indonesia untuk meningkatkan kerja sama dengan negara-negara Asia Selatan merupakan agenda prioritas Indonesia dalam kerangka Indian Ocean Rim Association (IORA).

“Penting bagi Indonesia memosisikan diri sebagai penghubung Samudera Hindia dan Samudera Pasifik mengingat perairan Indonesia menjadi jalur laut lalu lintas perdagangan dunia,” tuturnya.

Mantan anggota Komisi I DPR ini menambahkan, khusus India sebagai major power di kawasan Samudera Hindia, maka kemitraan Indonesia juga dapat ditujukan untuk mengimbangi kebijakan maritim India yang meningkat dari yang semula Look East Policy menjadi Act East Policy.

“Penting bagi Indonesia menunjukkan peran sentralnya di ASEAN untuk bisa mengimbangi kebijakan maritim India tersebut dengan kebijakan Poros Maritim Dunia,” katanya.

Menurut dia, kepentingan nasional Indonesia atas Samudera Hindia juga dapat diarahkan untuk melihat peluang memanfaatkan program yang digagas Cina dengan the Belt and Road Initiatives (BRI).

“Indonesia perlu berdialog dengan mitranya di kawasan Samudera Hindia untuk memastikan bahwa program BRI Cina tidak berseberangan dengan upaya-upaya meningkatan ketahanan regional,” katanya. [***]

Sumber : Sindonews

Load More Related Articles
Load More In Internasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Palestina Sampaikan Terima Kasih Atas Dukungan Indonesia

JAKARTA, SULTENGNEWS.com – Kedutaan Besar Palestina untuk Indonesia menyampaikan ter…