Integritas Harga Mati Bagi Pengawas Pemilu

2 min read
0
145

SULTENGNEWS. com – Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulteng, Sutarmin menegaskan bahwa Integritas adalah harga mati bagi Pengawas Pemilu 2019.

Hal itu dia sampaikan saat memberikan sambutan dalam acara pelantikan Panitia Pengawas Pemilu Tingakat Kecamatan (Panwascam) di Hotel Mercure, Selasa (14/11/2017).

“Integritas adalah harga mati bagi pengawas Pemilu baik Provinsi, Kabupaten/Kota dan Kecamatan,” tegasnya.

Dikatakan, untuk menjadi pengawas Pemilu 2019 tidaklah mudah, karena berdasarkan Undang – Undang Nomor 7 Tahun 2017, banyak tugas pokok dan fungsi (tupoksi) panwas yang bertambah. Pada Undang – Undang Nomor 15 tahun 2011, tupoksi panwas hanya 27 poin. Numun pada Undang – Undang Nomor 7 tahun 2017 menjadi 54 tugas atau naik dua kali lipat. Sementara dalam masalah pidana Pemilu, bertambah dari 50 poin tugas menjadi 69 tugas.

“Bawaslu memiliki kewenangan menerima, memeriksa dan memutuskan perkara. Untuk masalah Pemilu, kewenangan Bawaslu sama dengan KPK untuk urusan Korupsi. Jadi, status Bawaslu sama kuatnya dengan KPK,” ujarnya.

Selain itu, dalam penegakkan hukum pelanggaran Pemilu, ada juga Sentra Penegakkan Hukum Terpadu “Gakumdu” yang terdiri Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan. Bahkan kedepan, polisi yang bertugas mengamankan Pemilu, tidak hanya bersifat diperbantukan, namun berstatus Bantuan Kendali Operasi (BKO) yang bertugas selama lima tahun. “Namun untuk masalah ini, kita masih menunggu Perbawaslu,” tegasnya.

Sutarmin juga menitipkan beberapa pesan kepada Panwascam yang baru saja dilantik diantaranya, benar – benar menjaga integritas sebagai pengawas Pemilu, menjaga soliditas antar anggota dan memastikan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), sehingga tidak terlibat politik praktis.

“Saya minta Panwascam agar tidak menafsirkan sendiri undang – undang, tapi sering – seringlah berkonsultasi dengan Panwaslu atau Bawaslu agar tidak tidak salah mengambil tindakan dan keputusan,” tutupnya. FUL

Load More Related Articles
Load More In Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Aliansi Masyarakat Sulteng Cinta Damai, Tolak Deklarasi #2019 Ganti Presiden di Palu

Aliansi Masyarakat Sulteng Cinta Damai, Tolak Deklarasi #2019 Ganti Presiden di Palu PALU,…