Inilah Jajaran Rumah Mewah Setya Novanto

3 min read
0
171

SULTENGNEWS.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang kini menjadi tersangka kasus korupsi e-KTP, Setya Novanto diketahui memiliki banyak properti. Di mana saja lokasinya? (ang/ang)

Rumah Setya Novanto yang berada di Jl Wijaya XIII No. 19, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, merupakan yang didatangi KPK pekan lalu.

Rata-rata harga rumah baru di kawasan tersebut dengan luas tanah 1.000 meter persegi dan luas bangunannya 1.500 meter persegi harganya sekitar Rp 100 miliar. Namun jika kondisi rumah sudah tua lebih murah Rp 20 miliar yakni Rp 80 miliar.

Dengan tolak ukur harga tersebut, maka diperkirakan harga tanah di kawasan tersebut sekitar Rp 80 juta per meter dan harga bangunan Rp 20 juta per meter.

Rumah Kedua Setya Novanto

Diketahui rumah Setya Novanto terdiri dari 4 tingkat dengan luas lahan 1.600 meter persegi. Dengan asumsi 60% lahannya untuk bangunan maka luas rumah awal sekitar 960 meter persegi lalu dikalikan 4 tingkat berarti luas rumahnya sebesar 3.840 meter per segi.

Jika dikalikan dengan harga asumsi rumah di kawasan Wijaya, Kebayoran baru Rp 20 juta per meter maka harga bangunan rumahnya sekitar Rp 76,8 miliar. Namun itu belum dihitung dengan luas tanah.

Untuk luas tanahnya 1.600 meter persegi dikalikan Rp 80 juta harga acuan lahan per meter maka harga tanahnya mencapai Rp 128 miliar. Nah jika ditambah dengan harga rumah maka total nilai tanah beserta bangunan milik Setya Novanto itu sekitar Rp 204,8 miliar. Dua rumah yang berbeda ini sebenarnya tersambung, yang satu berwarna krem dan satunya bercat putih. Kedua rumah itu tampak tak berpenghuni.

Namun menurut penuturan warga setempat, rumah-rumah tersebut saling berhubungan. Pintu masuk utama di rumah yang berada di Jl Gedung Pinang. Sehingga dua rumah yang di belakangnya tampak tak berpenghuni. Rumah ini merupakan satu rumah besar lantaran terdiri dari dua kavling. Rumah berkelir krem bertingkat dua itu dilengkapi tiang-tiang bak istana.

Rumah Ketiga Setya Novanto

Rumah itu juga dibentengi dengan pagar tinggi berwarna hitam. Jika dilihat dari jalan di pojok depan sebelah kiri terdapat pos keamanan. Saat disambangi juga terlihat 2 mobil parkir di garasinya.

Rumah ini saling membelakangi dengan rumah Novanto di Jalan Kartika Utama alias saling berpunggungan.

Sumber : Detik.com

Load More Related Articles
Load More In Hukum & Kriminal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Lagi, Polres Palu Ringkus Pengedar Shabu – Shabu

Keterangan Foto : Para pelaku pengedar Shabu – Shabu yang berhasil diringkus Sat Reskrim P…