IAIN Bangun Gedung Tahan Gempa dan Tsunami

2 min read
0
33

PALU, SULTENGNEWS.com – Institus Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, kini mulai membangun kembali gedung – gedung yang rubuh akibat gempa dan terjangan tsunami pada 28 September 2018 lalu.

Rektor IAIN Palu, Prof. Dr. Saggaf S. Pettalongi, M.Pd kepada sultengnews.com mengatakan, pemerintah dalam hal ini Kementrian Agama RI memberikan anggaran sebesar 27 Miliar untuk membangun kembali gedung – gedung IAIN yang tahan gempa dan tsunami.



“Gedung – gedung harus dibangun kuat semua, sehingga jika terjadi gempa atau tsunami tidak rubuh dan dapat digunakan kembali setelah bancana selesai,” ujar Prof. Saggaf di ruang kerjanya, Selasa (9/7/2019).

Dikatakan, sebagai tahap awal pembangunan difokuskan pada gedung Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang menjadi ruang kuliah mahasiswa. Gedung ini, letaknya berada di sebelah selatan kampus IAIN yang berdekatan dengan pantai. Gedung SBSN, merupakan salah satu gedung terparah akibat bencana lalu, sehingga pembangunannya diprioritaskan pada tahap pertama ini.

“Dana pembangunan ini, berasal dari Kementrian Agama yang disalurkan melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kita di IAIN Palu hanya mengawasi dan menyiapkan konsultan internal untuk menyesuaikan apa yang menjadi ke inginan kampus,” katanya.

Sesuai perencanaan PUPR, gedung SNSN akan dibangun tiga lantai dengan konsep arsitektur rumah panggung, sehingga saat tsunami menerjang gedung tidak akan mudah roboh, serta memasang selter anti sunami.

Saat ini, Gedung SBSN yang telah rampung sebanyak 54 ruang kelas, sehingga dapat digunakan sebagai ruang kuliah mahasiswa, karena pada Juli ini sudah dimulai penerimaan mahasiswa baru.

“Total dana untuk pembangunan seluruh infrastruktur IAIN Palu, sebesar Rp119 Miliar dari ADB Asia Development Bank melalui PUPR. Sesuai rencana, pembangunan selanjutnya akan dimulai Januari tahun 2020 sampai selesai,” tandas Prof Saggaf. NAL

Load More Related Articles
Load More In Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Peduli Pendidikan, Unit Tractors Bangun 10 Sekolah Tahan Gempa

Direktur United Tractors Tbk di dampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Palu Ansyar Sutiadi …