HMI Cabang Palu Kampanyekan Budaya Literasi

3 min read
0
210

Para peserta pelatihan Senior Course (SC) yang merupakan salah satu model pendidikan formal di HMI MPO saat foto bersama para pemandu pelatihan. FOTO : ZAENAL/SN

PALU, SULTENG NEWS.com – Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (HMI-MPO) Cabang Palu, memperingati HUT RI ke-74 Tahun dengan mengkampanyekan budaya literasi dengan mengajak para kadernya untuk selalu intens dalam mengaplikasikan budaya literal di kehidupan sehari hari.



“Di Negara Republik Indonesia sekarang ini, bisa kita saksikan pendidikan agak terseok-seok dan susah masuk di daerah pedalaman, sehingga banyak dari mereka tidak tersentuh yang namanya pendidikan,“ tutur Koordinator Pemandu Kegiatan Pelatihan Senior Course (SC), Rusli At Taqi SH., MH saat memberikan materi, Sabtu (17/8/2019).

Menurutnya, masyarakat Indonesia banyak yang sudah mengenal huruf tetapi masih keterbelakanggan dalam urusan pendidikan, buktinya bisa kita lihat di daerah-daerah pedalaman. Sehingga ini lah salah satu hal yang harus diperjuangkan oleh organisasi HMI MPO.

Tentunya dalam mengkampanyekan budaya literasi, tidak boleh hanya berdiam diri dalam melanjutkan perjuangan para pendiri bangsa yang memperjuangkan kemerdekaan hingga darah titik penghabisan dengan keringat, tetesan darah dan air mata dalam merebut kemerdekaan.

“Jika hari ini kita hanya diam melihat bangsa kita hari ini, serta hanya mementingkan kepentingan diri sendiri, maka rasa nasionalisme kita perlu dipertanyakan. Itulah hal-hal yang harus kita maknai sebagai kader-kader HMI,” katanya.

Sementara Ketua Umum HMI MPO Cabang Palu, Amsyir Al Hanafi diselah-selah kegiatan SC itu menegaskan, semua kader HMI MPO dimanapun berada harus terus mengkampanyekan budaya literasi terutama dikalangan mahasiswa, sehingga HMI MPO akan dikenal sebagai pelopor budaya literasi.

“Kita bisa saksikan budaya mahasiswa saat ini, mereka lebih suka melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat seperti hedon-hedon di kampus, ketimbang mengajak teman-temannya masuk ke perpustakaan untuk membaca buku,” ujar Amsyir.




Olehnya, putra kecamatan Ampibabo ini menekankan kepada seluruh kader HMI MPO Cabang Palu agar menjadi pelopor budaya literasi baik di kalangan mahasiswa maupun masyarakat.

“Saya harap kader-kader HMI MPO bisa menjadi pelobor literasi di kampus dengan mengajak mahasiswa lain membaca di perpustakaan saat berada di kampus dan mengajak juga masyarakat untuk membaca buku saat di luar kampus,” tandasnya. NAL

Load More Related Articles
Load More In Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

SD Islam Al-Azhar 63 Palu Kunjungi Makam Datokarama

Foto bersama pengurus makam dan SD Al-azhar 63 Palu di depan cagar budaya Makam Datokarama…