Gugatan 9 Parpol Dikabulan Bawaslu, KPU Palu Tunggu Surat Edaran KPU RI

4 min read
0
215

SULTENGNEWS.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, masih menunggu Surat Edaran dan Petunjuk Teknis (Juknis) terkait dikabulkannya gugatan 9 Partai Politik (Parpol) oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI.

“Kita masih menunggu surat edaran dan petunjuk teknis dari KPU RI terkait gugatan 9 Parpol yang dikabulkan Bawaslu RI,” ujar Komisioner Devisi Teknis KPU Palu, Chairil saat dihubungi media ini, Minggu (19/11/2017).

Dikatakan, KPU Palu belum berani mengambil tindakan apa pun selama belum ada surat edaran dan petunjuk teknis dari KPU RI. Chairil mengaku, pihaknya baru menerima surat edaran yang isinya meminta KPU Kabupaten/Kota untuk menunggu surat edaran selanjutnya.

“Surat edaran yang kita terima, baru meminta kita menunggu surat edaran selanjutnya,” katanya.

Chairil menambahkan, dari 9 Parpol yang gugatannya di terima Bawaslu RI, hanya 3 Parpol yang selama ini diketahui oleh KPU Kota Palu yakni Partai IDAMAN, Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Sementara 6 partai lainnya, belum pernah melapor akan berkonsultasi dengan KPU Palu.

“Dari enam Parpol yang menggugat itu, hanya tiga itu yang kita tahu,” tandasnya.

Sebagaimana kita ketahui, Bawaslu RI mengabulkan gugatan 9 yang melaporkan KPU. Gugatan yang diajukan terkait pelanggaran administrasi dalam proses pendaftaran calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu).
Dalam putusannya Bawaslu mengatakan KPU telah melakukan pelanggaran administrasi. Mengenai tata cara prosedur pendaftaran Parpol.
“Menyatakan KPU RI telah melakukan pelanggaran administrasi tentang tata cara dan prosedur pendafatran partai politik peserta pemilu,” ujar Abhan dalam sidang pembacaan putusan, di Kantor Bawaslu, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (15/11/2017).

Abhan juga memerintahkan KPU untuk menerima dan memeriksa kembali kelengkapan berkas Partai Politik. KPU juga diperintahkan untuk melaksanakan putusan 3 hari kerja sejak pembacaan putusan dibacakan.
“Memerintahkan KPU RI memperbaiki tata cara dan prosedur pendaftaran PKPI dengan menerima dokumen sesuai ketentuan pasal 176 ayat 1 UU pemilu,” kata Abhan.
Sembilan parpol yang diterima adalah PKPI Hendropriyoni, PBB, Idaman, dan Partai Bhinneka ,PPPI, Partai Republik, Partai Rakyat, Parsindo, dan PIKA. Sedangkan satu partai aduannya ditolak adalah PKPI Hari Sudarno.
Bawaslu menolak gugatan PKPI Hari Sudarno karena KPU tidak terbukti melakukan pelanggaran administrasi karena menerima kepengurusan PKPI Hendripriyono sebagai parpol calon peserta pemilu 2019. Anggota majelis pemeriksa Fritz Edward Siregar mengatakan kepengurusan partai yang sah merupakan partai yang memiliki SK Menkumham.
“KPU dalam menerima pendaftaran parpol calon peserta pemilu hanya dapat menerima surat pendaftaran beserta dokumen persyaratan yang ditandantangani dan diajukan oleh pengurus yang ditetapkan dengan SK Menkumham RI,” ujar Fritz. FUL

Daftar 9 Parpol Yang Diterima Gugatannya :

  1. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI)
  2. Partai Bulan Bintang (PBB)
  3. Partai Islam Damai Aman (IDAMAN)
  4. Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI)
  5. Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo)
  6. Partai Indonesia Kerja (PIKA)
  7. Partai Bhinneka
  8. Partai Republik
  9. Partai Rakyat
Load More Related Articles
Load More In Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Gerindra Dituding Ulur – Ulur Pengisian Jabatan Wagub

PALU, SULTENGNEWS.com – Pengisian Jabatan Wakil Gubernur (Wagub) Sulteng yang ditinggalkan…