Figur Calon Walikota Palu 2020 Mulai Bermunculan

6 min read
0
2,576

PALU, SULTENGNEWS.com – Meski perhelatan politik memilih Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Calon Legislatif DPR RI, Calon Legislatif DPRD Provinsi dan Calon Legislatif DPRD Kabupaten/Kota pada 17 April 2019 baru saja berlalu, namun masyarakat Sulawesi Tengah (Sulteng) khususnya Kota Palu akan segera diramaikan lagi oleh hiruk pikuk Pemilihan Gubernur dan Walikota Palu tahun 2020 mendat

 

Jika melihat jadwal tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), sepertinya Oktober 2019 tahapan Pilkada akan segera dimulai atau satu bulan setelah Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dilantik dan diambil sumpahnya. Pilkada serentak, rencananya akan digelar pada September 2020 mendatang.

Walau tahapan Pilkada baru akan dimulai Oktober 2019 mendatang, namun nama – nama Calon Walikota Palu sudah mulai bermunculan baik melalui media sosial maupun rumor yang berkembang dimasyarakat. Dari penelusuran media ini, setidaknya ada lima nama yang kini mulai santer disebut – sebut dan telah berseliwiran di media sosial. Kelima nama ini merupakan putra – putra terbaik Kota Palu dan telah memiliki track record atau rekam jejak yang baik di Kota Palu.

Berikut lima nama Calon Walikota Palu 2020 Mendatang :

  1. Drs. Hidayat, M.Si

Drs. Hidayat, M.Si adalah Walikota Petahana saat ini dan dikabarkan akan maju kembali sebagai Walikota pada tahun 2020 mendatang. Meski belum ada keterangan resmi dari Hidayat sendiri, namun jika melihat rekam jejak semua kepala daerah yang ada di Indonesia, rata – rata Petahana selalu maju untuk periode kedua dengan alasan semua program dan visi – misinya belum bisa rampung jika hanya satu periode atau lima tahun saja. Namun apakah akan benar – benar maju lagi, menarik untuk ditunggu.

  • Hadianto Rasyid, SE

Hadianto Rasyid, SE adalah Ketua DPD Partai HANURA Sulawesi Tengah saat ini. Dia menjabat sebagai ketua DPD HANURA Sulteng setelah menggantikan Karim Hanggi. Hadiyanto sudah dua kali mengikuti perhelatan Pilkada di Kota Palu yakni tahun 2010 berpasangan dengan Helmy D. Yambas namun sebagai Calon Wakil Walikota dan tahun 2015 sebagai Calon Walikota berpasangan dengan kader PKS Wiwik Jumatul Rofiah. Jika Hadiyanto kembali maju pada Pilkada 2020 nanti, maka itu kali ketiga politisi Hanura ini bertarung di Pilkada Kota Palu.

 

  • Sudaryano Lamangkona

Sudaryano Lamangkona adalah birokrat muda Kota Palu yang sudah malang melintang sebagai pimpinan dibeberapa instansi di Kota Palu. Sebelum menjabat Kepala Dinas (Kadis) Dijajaran Pemkot Palu, Ano sapaan akrab birokrat muda ini, adalah matan Camat Tawaeli lalu meniti karir hingga menjabat sebagai Kadis dan saat ini memimpin Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Palu. Sudaryano disebut – sebut juga bakal bertarung pada Pilkada Kota Palu tahun 2020 mendatang. Apakah Ano benar – benar akan menjadi Fighter maju sebagai Calon Walikota dengan konsekuensi yang tentu sangat berat yakni mundur sebagai PNS, menarik untuk dinantikan.

” alt=”” />

  • Awaludin Awa

Awaludin Awa juga merupakan birokrat muda Dijajaran Pemerinah Provinsi (Pemprov) Sulteng. Sosok muda dan enerjik ini, juga digadang – gadang akan maju dalam perhelatan Pilkada Kota Palu tahun 2020 sebagai Calon Walikota. Jika Awaludin Awa juga benar siap bertarung, maka dia juga akan menanggung konsekuensi besar yakni mundur sebagai PNS. Beranikah dia mengambil resiko besar itu..? kita tu Anwar Saing adalah politisi muda yang karirnya cukup bersinar saat masih bergabung dengan Partai Gerindra. Dia menduduki posisi yang cukup strategis yakni sebagai Bendahara Umum (Bendum) DPD Partai Gerindra Sulteng. Namun dia memutuskan meninggalkan Partai Gerindra besetan Prabowo Subianto itu serta meniti karir sebagai wiraswata yang independen dan tidak terikat dengan partai manapun. Pada Pilkada Parigi Moutong tahun 2018 lalu, dia mencoba peruntungan maju sebagai Calon Bupati melalui jalur Namun saying langkahnya terhenti setelah syarat dukungan yang ditetapkan KPU tak bisa terpenuhi.http://www.sultengnews.com/wp-content/uploads/2019/04/anwar-saing.jpg” alt=”” data-id=”2647″ data-link=”http://www.sultengnews.com/?attachment_id=2647″ />

Load More Related Articles
Load More In Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Relawan NDB Buol Resmi Terbentuk di 11 Kecamatan

Relawan NDB di Buol yang telah resmi terbuntuk. Bahkan relawan tingkat kecamatan di 11 kec…